PENGARUH SUASANA KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU(STUDI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN I MALANG)

Fatmah, Fatmah (2006) PENGARUH SUASANA KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP SEMANGAT KERJA GURU(STUDI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN I MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_SUASANA_KOMUNIKASI_ORGANISASITERHADAP_SEMANGAT_KERJA_GURU.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Semangat kerja menjadi isu yang cukup relevan dalam konteks kualitas kinerja guru. Isu yang sedang berkembang di masyarakat, memberikan pembenaran bahwa kualitas kinerja guru di Indonesia cukup memprihatinkan. Beberapa studi menunjukkan bahwa guru tidak dapat mengembangkan dirinya karena kesempatan dan kondisi sekolah yang tidak memungkinkan untuk mengembangkan kualitas kerja. Suasana kerja dianggap menjadi salah satu penyebab semangat kerja guru kurang optimal. Permasalahan yang juga muncul adalah masih rendahnya penghargaan yang diberikan kepada guru. Penghargaan baik finansial maupun non finansial sering terabaikan. Penghargaan berupa pujian yang tulus atau umpan balik yang segera dan tepat dari pimpinan jarang diterima guru apabila melaksanakan pekerjaan dengan baik. Komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa, guru dengan guru dan guru dengan kepala sekolah turut mempengaruhi kualitas kerja guru di sekolah. Hal ini berarti suasana komunikasi organisasi memiliki peranan terhadap semangat kerja guru. Atas dasar itu, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah ada pengaruh suasana komunikasi organisasi terhadap semangat kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Percobaan I Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh suasana komunikasi organisasi terhadap semangat kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Percobaan I Malang. Berdasarkan kajian pustaka beberapa literatur, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Suasana Komunikasi Organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja guru di SDN Percobaan I Malang dan Hi: Suasana Komunikasi Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja guru di SDN Percobaan I Malang Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian ini merupakan explanatory research, yaitu rancangan penelitian yang berusaha menjelaskan hubungan kausal antara variabel satu dengan variabel lainnya dengan melalui uji hipotesis (Sangarimbun, 1889). Jenis penelitian ini dipilih mengingat tujuan yang hendak dicapai mencakup usaha-usaha untuk menjelaskan hubungan dan pengaruh yang terjadi antar variabel dalam hal ini adalah variabel suasana komunikasi organisasi dengan semangat kerja guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data angket (kuesioner) sebagai alat pengukur data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Dasar Negeri Percobaan I Malang sebanyak 30 guru, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan total sampling sehingga semua guru dijadikan sampel yaitu sebanyak 30 guru. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisa maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara suasana komunikasi semangat kerja guru sebagai buktinya R2 (R Square) = 0,501 dapat dikatakan bahwa 50,1% perubahan variabel semangat kerja (Y) disebabkan oleh perubahan variabel suasana komunikasi (X). Sisanya yang 49,9 % disebabkan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam model dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Sience
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:48
Last Modified: 05 Jul 2012 02:48
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/11058

Actions (login required)

View Item View Item