PERUBAHAN RELATIF RASIO KEUANGAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PREDIKSI PERUBAHAN LABA (Suatu Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEJ)

FATIMAH, NURUL (2006) PERUBAHAN RELATIF RASIO KEUANGAN DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PREDIKSI PERUBAHAN LABA (Suatu Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di BEJ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PERUBAHAN_RELATIF_RASIO_KEUANGAN_DALAM_HUBUNGANNYADENGAN_PREDIKSI_PERUBAHAN_LABA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatory prediktif pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan judul “Perubahan Relatif Rasio Keuangan Dalam Hubungannya Dengan Prediksi Perubahan Laba (Suatu Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta)”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan relatif rasio keuangan yang dapat memprediksi perubahan laba, khususnya perusahaan makanan dan minuman dengan menggunakan informasi perubahan relatif rasio keuangan tahun 2002 dan 2003 dan perubahan relatif tahun 2003 dan 2004. Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis yaitu perubahan relatif rasio keuangan ROE, TIER, ROI, CASHR dan QR yang signifikan berpengaruh terhadap prediksi perubahan laba. Pengujian dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 11 perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Dengan menggunakan metode pemilihan variabel stepwise regression dianalisis sejumlah 24 rasio keuangan untuk diketahui hubungan liniernya dengan perubahan laba satu tahun dan dua tahun yang akan datang. Hasil perhitugan SPSS dengan metode pemilihan variabel stepwise regression diperoleh satu rasio keuangan yang signifikan sebagai prediktor perubahan laba satu tahun yang akan datang yaitu rasio BVS (Book Value per Share). Untuk periode pengulangan satu tahun yang akan datang, rasio keuangan yang terbukti signifikan yaitu CR (Cash Ratio), yang hasilnya tidak konsisten dengan pengujian satu tahun yang akan datang pertama yaitu rasio BVS (Book Value per Share). Pada proses selanjutnya dengan metode pemilihan variabel stepwise regression diperoleh satu rasio keuangan yang signifikan terhadap prediksi perubahan laba dua tahun yang akan datang CR (Cash Ratio).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:20
Last Modified: 04 Jul 2012 04:20
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10913

Actions (login required)

View Item View Item