TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN NORMA PERLINDUNGAN TENTANG WAKTU KERJA DAN ISTIRAHAT BAGI TENAGA KERJA (Studi di Kusuma Agrowisata Hotel Batu)

PURWAHYUDI, DONNY (2007) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN NORMA PERLINDUNGAN TENTANG WAKTU KERJA DAN ISTIRAHAT BAGI TENAGA KERJA (Studi di Kusuma Agrowisata Hotel Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
TINJAUAN_YURIDIS_TERHADAP_PELAKSANAAN_NORMA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Obyek studi dalam penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan dan pengaturan waktu kerja dan istirahat bagi tenaga kerja yang diatur dalam Undang-Undang No 13 Tentang Ketenagakerjaan. Dimana aturan mengenai waktu kerja dan istirahat tersebut merupakan bagian dari perlindungan terhadap tenaga kerja yang sering dikesampingkan oleh pengusaha yang umumnya lebih mementingkan keuntungan semata. Berbagai literatur maupun penelitian sebelumnya telah menggambarkan bagaimana kondisi tenaga kerja di negara ini. Dimana hal tersebut memperlihatkan bahwa kondisi tenaga kerja kita sangat riskan untuk mendapat perlakukan semena-mena dari pengusaha, karena bila dipandang dari status sosial ekonomi kedudukan tenaga kerja berada pada posisi yang sangat lemah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran bagaimana pelaksanaan dan pengaturan mengenai waktu kerja dan istirahat di Kusuma Agro Wisata Hotel, bentuk penyimpangan apa yang telah terjadi dalam pelaksanaan dan pengaturan mengenai waktu kerja dan istirahat. Selain itu yang penting adalah bagaimana upaya penyelesaian hukum yang dapat dilakukan agar dapat menyelesaikan penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan dan pengaturan mengenai waktu kerja dan istirahat di Kusuma Agrowisata Hotel. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah metode diskriptif analisis. Dimana data yang diperoleh adalah data yang mengambarkan bagaimana pelaksanaan dan pengaturan mengenai waktu kerja dan istirahat bagi tenaga kerja, bagaimana bentuk penyimpangan yang terjadi dan bagaimana upaya penyelesaian hukum terhadap penyimpangan terhadap pelaksanaan dan pengaturan mengenai waktu kerja dan istirahat di Kusuma Agrowisata Hotel. Kemudian data-data tersebut dianalisis berdasarkan teori dan peraturan yang ada dan disimpulkan dalam suatu uraian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 30 Jun 2012 03:04
Last Modified: 30 Jun 2012 03:04
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item View Item