ANALISIS KANDUNGAN BIAYA PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM HARGA POKOK PRODUKSI TAHU PADA PERUSAHAAN TAHU “ADMA” DIKECAMATAN KARANGPLOSO MALANG

Purnomo, Sigit (2007) ANALISIS KANDUNGAN BIAYA PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM HARGA POKOK PRODUKSI TAHU PADA PERUSAHAAN TAHU “ADMA” DIKECAMATAN KARANGPLOSO MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
b.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada perusahaan tahu ADMA dengan judul ANALISIS KANDUNGAN BIAYA PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM HARGA POKOK PRODUKSI TAHU PADA PERUSAHAAN TAHU “ADMA” DI KECAMATAN KARANGPLOSO MALANG Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara pembelian dan penggunaan bahan baku dalam proses produksi perusahaan telah tepat. Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis yaitu: bahwa biaya pembelian bahan baku berpengaruh terhadap harga pokok produksi sebesar 50 – 70 %. Kegiatan pembelian sangatlah penting dalam kegiatan proses produksi karena dalam mendapatkan bahan untuk produksi haruslah sesuai dengan kualitas dan kuantitas yang ditentukan, harga yang layak dan penyerahan tepat waktu. Di dalam pembelian bahan diperlukan suatu prosedur yang harus dilalui sebelum melakukan pembelian, pemilihan strategi untuk kelancaran pembelian, serta bagimana mengatasi kendala yang timbul yang terjadi pada kegiatan pembelian melalui kebijakan-kebijakan yang diambil oleh perusahaan untuk mengatasinya. Berdasarkan pembahasan penulis dapat menyimpulkan bahwa kandungan biaya pembelian bahan baku terhadap harga pokok produksi dengan pendekatan Full Costing sebesar 53,95 % sedangkan bila menggunakan pendekatan Variabel Costing sebesar 54,20 %. Hal ini telah menjawab hipotesis bahwa biaya pembelian bahan baku mempunyai pengaruh sebesar 50 – 70 % pada harga pokok produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 29 Jun 2012 03:15
Last Modified: 29 Jun 2012 03:15
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item