PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI THINKPAIR-SHARE PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII-B SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU

Putriati, Dina (2007) PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI STRATEGI THINKPAIR-SHARE PADA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII-B SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_MELALUI_STRATEGI_THINKPAIR.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Pendekatan pembelajaran yang akhir-akhir ini menarik perhatian para peniliti yang disebut sebagai suatu pendekatan yang tidak hanya unggul membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang sulit, tetapi juga sangat berperan dalam menumbuhkan kemampuan kerjasama, berpikir kritis, dan kemampuan membantu teman adalah pendekatan pembelajaran kooperatif. Menurut Nurhadi (20004:61), pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi silih asuh (saling tenggang rasa) untuk menghidari kesalahpahaman antar siswa.Meskipun berbagai prinsip pembelajaran kooperatif tidak berubah, ada 4 metode yang biasa digunakan oleh guru (Arends, 1998; Abdurrahman dan Bintoro, 2000:82-90).kempat metode tersebut adalah: Metode STAD (Student Teams Achievement Division), Metode Jigsaw, metode GI (group investigation), Metode Struktural. Metode struktural menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi siswa, think-pair-share adalah struktur yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan akademik, dimana metode ini memberikan kesempatan kepada para siswa waktu untuk berpikir dan merespons serta saling Bantu satu sama lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivias guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa. Dalam penerapan pembelajaran kooperatif melalui strategi Think-Pair-Share pada materi himpunan siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 06 Dau. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, angket dan tes akhir. Data yang dikumpulakan berupa aktifitan guru dan siswa selama proses pembelajaran, respon siswa dan hail tes siswa. Dari penelitian ini diperoleh data aktivitas guru selama pembelajaran dikategorikan Sangat baik, karena sesuai dengan kriteria aktivitas guru, aktifitas data siswa selama proses pembelajaran dikategorikan sangat baik. Aktiviatas terlihat meningkat pada pertemuan III. Respon siswa bernilai positif berati siswa menyenangi pembelajaran dengan menggunakan strategi Think-Pair-Share. Dari hasil tes akhir ketuntasan individu dicapai oleh 21 siswa dari 29 siswa. Penerapan pembelajaran kooperatif melalui strategi Think-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Rayi Tegar Pamungkas
Date Deposited: 29 Jun 2012 02:23
Last Modified: 29 Jun 2012 02:23
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10168

Actions (login required)

View Item View Item