PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM BANK UMUM DEVISA YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA

PRASASTI, DIANA (2007) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM BANK UMUM DEVISA YANG GO PUBLIK DI BURSA EFEK JAKARTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENGARUH_ECONOMIC_VALUE_ADDED.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh antara Economic Value Added / EVA dan dividen terhadap harga saham pada Bank Umum Devisa yang go public di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini juga dapat membantu dan memberikan kontribusi bagi para praktisi pasar modal untuk memperediksi harga saham berdasarkan analisis fundamental. Teknik dalam pengambilan sample menggunakan metode proposive sampling. Jumlah sample yang dipilih adalah 12 bank dengan periode penelitian tahun 2004-2005. Hipotesis yang akan diuji dalam penelitian ini berkaitan dengan pengaruh EVA dan dividen yang diduga berpengaruh terhadap harga saham pada Bank Umum Devisa yang go public di Bursa Efek Jakarta. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan program eviews3. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi LP = -7,970109 + 0,116311 LEVA + 0,438160 LDEV, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel EVA dan dividen mempunyai pengaruh positif secara serentak berdasarkan uji F yang menunjukkan bahwa F hitung > F tabel = 14,00 > 3,44 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh positif secara serentak antara semua variabel bebas terhadap variabel terikat (signifikan). Sedangkan berdasarkan pengujian secara parsial dapat disimpulkan bahwa secara individual variabel yang mempunyai pengaruh kuat terhadap harga saham adalah dividen. Hal ini dibuktikan dengan t hitung = 4,283628 dan t tabel = +/- 2,07 karena t hitung > |t tabel| maka signifikan berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa dividen berpengaruh positif terhadap harga saham. Berdasarkan hasil regresi diperoleh nilai R-square sebesar 0,622267. Artinya bahwa 62,23% variabel harga saham akan dijelaskan oleh variabel EVA dan dividen. Sedangkan sisanya 37,77% variabel harga saham akan dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini. Hasil dari uji asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terdapat gejala heteroskedastisitas, multikolinieritas, dan terjadi autokorelasi tetapi model persamaan tersebut masih bisa diperbaiki sehingga terbebas dari autokorelasi. Selain itu juga model persamaan tersebut sudah baik dilihat dari lolos uji normalitas dan linieritas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:07
Last Modified: 28 Jun 2012 06:07
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/10097

Actions (login required)

View Item View Item