Analisis Swot Untuk Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Olahan Apel di Malang Raya

relawati, rahayu and Baroh, Istis and Ariadi, Bambang Yudi (2015) Analisis Swot Untuk Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Olahan Apel di Malang Raya. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 12 (1). 58 -69. ISSN 1829-9946 ; 26546817

[thumbnail of Relawati Baroh Ariadi-SWOT analysis marketing strategy processed apple consumer producer.pdf]
Preview
Text
Relawati Baroh Ariadi-SWOT analysis marketing strategy processed apple consumer producer.pdf

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Similarity-Relawati Baroh Ariadi-SWOT analysis marketing strategy processed apple consumer producer.pdf]
Preview
Text
Similarity-Relawati Baroh Ariadi-SWOT analysis marketing strategy processed apple consumer producer.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis SWOT dan merumuskan strategi pemasaran produk olahan apel. Data primer diperoleh dari produsen dan konsumen. Produsen dipilih secara purposive, sedangkan konsumen dipilih secara accidental sampling saat mereka membeli produk di toko oleh-oleh khas Malang Raya. Analisis SWOT digunakan untuk menganalisis data produsen dan konsumen, serta untuk merumuskan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum produk keripik apel, jenang apel dan sari apel memiliki keunggulan produk terutama dalam hal rasa. Kelemahan yang dimiliki adalah produk kurang tahan lama namun konsumen juga tidak menginginkan adanya bahan pengawet. Peluang yang dihadapi adalah tingginya minat konsumen, banyak toko oleh-oleh dan tawaran kredit bank. Ancaman terdiri dari persaingan bisnis yang tidak sehat dan lemahnya daya beli konsumen meskipun mereka berminat terhadap produk. Berdasarkan hasil SWOT tersebut maka strategi pemasaran yang direkomendasikan pada produk keripik apel dan jenang apel adalah strategi agresif, karena mereka berada di kuadran I diagram SWOT. Sedangkan produk sari apel direkomendasikan menjalankan strategi defensif, karena produk ini berada pada kuadran III diagram yang sama. Terkait promosi, berbagai media informasi seperti televisi lokal dan internet harus digunakan secara optimal untuk kepentingan promosi produk. Konsumen harus menerima informasi yang benar, dengan demikian produsen harus melakukan etika bisnis yang bertanggungjawab.

Item Type: Article
Keywords: Analisis SWOT strategi pemasaran olahan apel konsumen produsen.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Science > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: istis Ir, Hj. Istis Baroh,MP.
Date Deposited: 08 Aug 2024 01:35
Last Modified: 08 Aug 2024 01:35
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item
View Item