MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MATEMATIKA DI DALAM DAN LUAR KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Nurjanah, Fenti (2024) MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS MATEMATIKA DI DALAM DAN LUAR KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penilitian survey yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Matematika Di Dalam Dan Luar Kampus Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian yang digunakan adalah Mahasiswa-mahasiswi Pendidikan Matematika angkatan 2021, 2022, dan 2023. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan hasil menyebarkan angket yang sudah divalidasi dengang uji Validitas dan Reabilitas kemudian didistribusikan dalam bentuk googleform. Data tersebut dianalisis menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikoliniaritas, dan uji heteroskedastisitas kemudian uji T parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil jawaban angket dari responden, dapat disimpulkan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas matematika di dalam Kampus tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, tetapi motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas matematika di luar kampus berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar secara parsial. Secara simultan motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas matematika di dalam dan luar kampus berpengaruh bersamaan terhadap prestasi belajar. Hasil jawaban dari angket responden juga menunjukkan rumah/kontrakan/kos menjadi tempat proses menyelesai tugas matematika karena hening sehingga lebih fokus dan fasilitas seperti kamar mandi, dapur dan internet yang bisa digunakan kapan saja menjadi alasan lingkungan luar kampus yang berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan presentase 71,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710060311041
Keywords: Motivasi, Lingkungan di dalam dan luar Kampus, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201710060311041 fentinurjanah
Date Deposited: 07 Aug 2024 07:23
Last Modified: 07 Aug 2024 07:23
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item
View Item