PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP IT

Nurullah, Nurullah (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MENGGUNAKAN AUDIO VISUAL TERHADAP KREATIVITAS PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIS DAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMP IT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of TESIS.pdf]
Preview
Text
TESIS.pdf

Download (899kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan efektivitas kreativitas penyelesaian masalah matematika dan keterampilan sosial melalui teknologi. Tujuannya adalah untuk menguji pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya menggunakan media audio visual terhadap kreativitas penyelesaian masalah matematis dan keterampilan sosial siswa SMP IT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan kelompok kontrol, di mana kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran tutor sebaya menggunakan media audio visual, sementara kelompok kontrol diberikan model pembelajaran metode ceramah.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kreativitas, penyelesaian masalah matematis, dan keterampilan sosial antara kedua kelompok. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai p (0.005) untuk kreativitas, p (0.025) untuk penyelesaian masalah matematis, dan hasil uji t p < 0.001 untuk keterampilan sosial, yang semuanya lebih kecil dari 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model tutor sebaya menggunakan media audio visual memberikan hasil yang lebih baik.
Saran dari penelitian ini adalah integrasi model pembelajaran tutor sebaya menggunakan media audio visual ke dalam kurikulum dapat meningkatkan kreativitas, kemampuan penyelesaian masalah matematis, dan keterampilan sosial siswa. Guru perlu dilatih untuk efektif menggunakan model pembelajaran ini dan teknologi audio visual dalam pengajaran mereka. Selain itu, perangkat dan sumber daya audio visual yang lebih interaktif dan kolaboratif perlu dikembangkan sesuai kebutuhan pendidikan. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi efektivitas model pembelajaran ini, termasuk variabel konteks dan demografi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202220530211009
Keywords: Pembelajaran tutor sebaya, Media audio visual, kreativitas, penyelesaian masalah matematis, keterampilan sosial, SMP IT, kelompok experimen kelompok kontrol.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Mathematics Education (84102)
Depositing User: 202220530211009 nurullah
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:53
Last Modified: 07 Aug 2024 03:53
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

View Item
View Item