Peran Pendidikan dalam Membangun Literasi

Athma Putri Rosyadi, Alfiani (2024) Peran Pendidikan dalam Membangun Literasi. In: LITERASI Urgensi dan Peran dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. CV. Bildung Nusantara, Yogyakarta, pp. 72-91. ISBN 978-623-8588-22-0

[thumbnail of Rosyadi - Peran Pendidikan dalam Membangun Literasi.pdf]
Preview
Text
Rosyadi - Peran Pendidikan dalam Membangun Literasi.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Rosyadi - Peran Pendidikan dalam Membangun Literasi.pdf]
Preview
Text
Similarity - Rosyadi - Peran Pendidikan dalam Membangun Literasi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia merupakan sebuah sistem yang
memperhatikan hubungan antara praktik pendidikan dan
kebijakan pendidikan nasional. Hal ini tercermin dalam berbagai
standar yang ada, seperti standar kompetensi untuk lulusan,
standar untuk pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana
dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, serta
standar penilaian (Hayu Mentari Precalya, 2021). Dua dimensi
penting dalam pembangunan pendidikan di Indonesia adalah
perluasan akses pendidikan dan pemerataan Pendidikan (Fatah
et al., 2021). Meskipun pendidikan di Indonesia menghadapi
berbagai permasalahan, pemerintah telah melakukan upaya
untuk memajukan sistem pendidikan, termasuk melalui inovasi
pendidikan yang mencakup fleksibilitas dengan orientasi
kebebasan, sumber daya pelatihan, dan tujuan pegawai yang
terarah (Nasution, 2019).Selain itu, pendidikan berbasis kompetensi
di Indonesia bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan,
keterampilan, dan perilaku profesional mahasiswa dengan
menggunakan konteks dunia kerja (Muhammad Iqbal, 2022).

Item Type: Book Section / Proceedings
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: koku Eko Kurniawan, S.Pd.
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:00
Last Modified: 01 Aug 2024 03:00
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item
View Item