STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN TUBAN TAHUN 2020 (Studi Pada Tim Pemenangan Mas Lindra-Riyadi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tuban)

Nailurrohmah, Eka Shofariyah (2024) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMENANGAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN TUBAN TAHUN 2020 (Studi Pada Tim Pemenangan Mas Lindra-Riyadi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tuban). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUANN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUANN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I   .pdf]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of BAB II   .pdf]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (421kB) | Preview
[thumbnail of BAB III    .pdf]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV   .pdf]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of BAB V .pdf] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI   .pdf] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy

Abstract

Studi ini meneliti praktik komunikasi politik yang dipraktikkan oleh tim pemenangan dalam Pemlihan Kepala Daerah (PILKADA) Kabupaten tuban pada tahun 2020 dengan fokus kerangka teori strategi komunikasi politik Anwar Arifin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam terhadap tim pemenangan.
Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa tim pemenangan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi politik yang dijelaskan oleh Anwar Arifin. Prinsip tersebut diantaranya merawat tokoh dan Lembaga, menciptakan kebersamaan dan membangun konsensus.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini dalam hal merawat ketokohan tim pemenangan melakukan branding tokoh dan Lembaga melalui serangan udara dan darat. Hal tersebut dilakukan melalui koordinator masing-masing kecamatan. Selain itu dalam hal menciptakan kebersamaan tim pemenangan memahami masyarakat guna menggali data dan informasi mengenai kebutuhan dan informasi sebagai bahan menciptakan pesan-pesan yang dapat memenuhi kebutuhan bersama dan mendapat banyak perhatian masyarakat. Pembangunan konsensus dilakukan oleh tim pemenangan dengan lobi politik untuk membentuk koalisi bersama beberapa partai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910040311253
Keywords: Komunikasi Politik, Strategi, Tim pemenangan, PILKADA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Depositing User: 201910040311253 ekashofariyah
Date Deposited: 29 Jul 2024 02:09
Last Modified: 29 Jul 2024 02:09
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/8600

Actions (login required)

View Item
View Item