Djudiyah, Djudiyah (2019) Avoidance coping, contingent self-esteem dan belanja kompulsif. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan (JIPT), 7 (1). pp. 65-80. ISSN 2540-8291 ; 2301-8267
Djudiyah-avoidance coping, contingent self-esteem, belanja kompulsif.pdf
Download (512kB) | Preview
Similarity-Djudiyah-avoidance coping, contingent self-esteem, belanja kompulsif.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Membanjirnya iklan produk fashion di berbagai media dan mudahnya
mendapatkan produk pakaian, membuat keputusan berbelanja anak-anak muda lebih
didasarkan pada aspek emosi. Keputusan berbelanja seringkali dimaksudkan untuk
mendapatkan gengsi atau penghargaan dari orang lain dapat mendorong mereka
melakukan belanja kompulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
avoidance coping dalam memediasi hubungan antara contingent self-esteem dengan
belanja kompulsif pakaian. Subjek penelitian ini berjumlah 276 mahasiswi Universitas
Muhammadiyah Malang Angkatan 2018 yang diambil dengan teknik stratified sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam proses pengumpulan data adalah: skala
Contingent Self-esteem (CSE), skala Coping Respon Inventoty (CRI) dan skala belanja
kompulsif pakaian. Analisis data dilakukan dengan metode Mediation Analysis dari
Hyes menunjukkan bahwa avoidance coping mampu memediasi hubungan antara
contingent self-esteem dengan belanja kompulsif yang ditunjukkan dengan B=0.322;
dengan p=0.006 (<0.01).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | avoidance coping contingent self-esteem belanja kompulsif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201) |
Depositing User: | djudiyah Dra. Djudiyah, M.Si |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 03:19 |
Last Modified: | 30 Dec 2023 08:44 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/846 |