Pengaruh Kompetensi Emosi Terhadap Penyesuaian diri Remaja di pondok Pesantren

Mujiyanti, Familla Ajeng (2024) Pengaruh Kompetensi Emosi Terhadap Penyesuaian diri Remaja di pondok Pesantren. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of SKRIPSI FAMILLA CETAK.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FAMILLA CETAK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyesuaian diri ialah proses yang meliputi respon mental dan perilaku, dalam hal ini seseorang akan berusaha mengatasi ketegangan, frustasi, kebutuhan dan konflik yang berasal dari dalam dirinya. Untuk meningkatkan nya maka diperlukan kompetensi emosi karena merupakan kunci keseimbangan kondisi emosional. Remaja yang memiliki kompetensi emosi yang baik akan berpengaruh pada penyesuaian diri nya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi emosi terhadap penyesuaian diri di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental dengan teknik pengumpulan data non probability dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 orang di Pondok Pesantren di wilayah Malang. Kriteria penelitian adalah santri pondok pesantren yang sedang menempuh pendidikan kelas tujuh. Skala yang digunakan adalah Profile of Emotional Competence (PEC). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel kompetensi emosi terhadap variabel penyesuaian diri (r =0,446) ; p 0,000 < 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi komptensi emosi pada remaja di pondok pesantren maka semakin tinggi pula penyesuaian diri yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710230311256
Keywords: Kompetensi Emosi, Penyesuaian diri, remaja, Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: 201710230311256 familla05ajeng
Date Deposited: 08 Jul 2024 09:15
Last Modified: 08 Jul 2024 09:15
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7893

Actions (login required)

View Item
View Item