STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN PINDANG PADA CV PUTRA KRESNA KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

Rusdiana, Nur Devi Arum (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN PINDANG PADA CV PUTRA KRESNA KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of tesis nur devi agri.pdf]
Preview
Text
tesis nur devi agri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Suatu pendirian usaha akan membutuhkan strategi yang tepat dalam pengembangan usahanya. Usaha ikan pindang CV Putra Kresna di Desa Brondong, Kabupaten Lamongan, merupakan salah satu usaha yang cukup terkenal dalam pengolahan ikan pindang di Lamongan. Namun dalam menjalankan usahanya, Putra Kresna mengalami beberapa kendala mulai dari terbatasnya saluran distribusi ke pasar modern hingga pesaing usaha ikan pindang dari daerah Lamongan maupun daerah lain. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis kondisi lingkungan internal dan eksternal pada usaha ikan pindang, (2) Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman usaha ikan pindang, (3) Menganalisis strategi pengembangan usaha ikan pindang. Penelitian ini digunakan untuk memperoleh data secara deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Fokus penelitian ditujukkan pada kondisi lingkungan internal dan eksternal serta strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan pada usaha ikan pindang. Penelitian lokasi dilakukan di Desa Brondong Kabupaten Lamongan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis matriks SWOT, dan Matriks IE. Setelah dilakukan analisis hasil dari kondisi internal dan eksternal usaha ikan pindang ini adalah Kekuatan utama terletak pada bahan baku mudah didapat, Kelemahan utama terletak pada terbatasnya saluran distribusi ke pasar modern, Peluang utama terletak pada pembinaan usaha ikan pindang serta Ancaman utama terletak pada pesaing usaha ikan pindang. Perumusan alternatif strategi menggunakan matriks SWOT dihasilkan empat alternatif pengembangan pemasaran Usaha Ikan Pindang CV Putra Kresna yaitu (1) Memberikan diskon kepada pembeli jika membeli banyak (2) Memberikan garansi kepada retail jika ikan pindang yang diterima dalam keadaan tidak bagus (3) Melakukan inovasi/ pengembangan produk ikan pindang (4) Perbaikan Kemasan

Item Type: Thesis (Masters)
Student ID: 202220390211020
Keywords: Analisis SWOT,Strategi Agresif, Produk Olahan Ikan, Sumber Daya Manusia
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Master of Agribusiness (54101)
Depositing User: 202220390211020 202220390211020
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:20
Last Modified: 01 Jul 2024 07:30
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7588

Actions (login required)

View Item
View Item