Takāful Al-Ijtimā Model Pengembangan Pendidikan Karakter Religius

Jauhari, Muh. (2024) Takāful Al-Ijtimā Model Pengembangan Pendidikan Karakter Religius. CV. Bildung Nusantara, Yogyakarta. ISBN 62-2578-5003-365

[thumbnail of Takaful Ijtima'_Muh. Jauhari_2024.pdf]
Preview
Text
Takaful Ijtima'_Muh. Jauhari_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Indikasi krisis karakter telah ditunjukkan bangsa Indonesia sejak orde reformasi tahun 1998. Hal ini disebabkan semakin derasnya arus globalisasi sehingga muncullah kebebasan dalam nilai-nilai kehidupan masyarakat. Melalui takāful al-ijtimā, Pondok Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso menginternalisasikan nilai-nilai karakter religius bagi para santri. Tujuan penelitian untuk: mendeskripsikan dan memahami strategi Pondok Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso menyelenggarakan pendidikan karakter religius melalui takāful al-ijtimā, mendeskripsikan dan menganalisis desain model, implementasi model, serta implikasi takāful al-ijtimā sebagai model pendidikan karakter religius terhadap para santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, Lokasi penelitian ini berada di Pondok Pesantren Manbaul Ulum Bondowoso. Sumber datanya berasal dari pengasuh pondok, pengajar, karyawan pondok, santri, wali santri dan masyarakat sekitar. Teknik pengumpulan data: dokumentasi, wawancara dan observasi partisipasi. Penelitian ini juga menghasilkan data yang dianalisis dengan model deskriptif dengan langkah-langkah: koleksi data, kondensasi data, menyajikan data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) Strategi penyelenggaraan takāful al-ijtimā ada 3, yaitu melalui pengenalan, pembelajaran, dan pembiasaan. (2) Pada penyelenggaraan takāful al-ijtimā para santri menjadi bagian dari aktor yang bebas berkreativitas. Artinya mereka tidak hanya sebagai peserta melainkan juga menjadi bagian terpenting dari penyelenggaraan takāful al-ijtimā, karena kesepakatan antar santri menentukan berbagai aktivitas/kegiatan; (3) Kegiatan pada takāful al-ijtimā dirancang selain sebagai outdoor learning yang menyenangkan, juga diimplementasikan untuk kemanfaatan masyarakat, yakni: Bina Ummat, Mengajar di TPQ dan Madrasah, Observasi dan Jelajah Kampung, Bantuan Pembiayaan dan Rehabilitasi Sosial, Bina Alumni; (4) Implikasi takāful al-ijtimā diwujudkan melalui sikap, perilaku dan ketrampilan para santri.

Item Type: Book
Keywords: Pendidikan Karakter Religius, Takāful al-Ijtimā
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Directorate of Postgraduate Programs > Doctor of Islam Religion Education (70034)
Depositing User: 202020520111023 muhjauhari
Date Deposited: 08 Jun 2024 03:01
Last Modified: 08 Jun 2024 03:01
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6903

Actions (login required)

View Item
View Item