Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi Kecakapan Hidup bagi Peserta Didik di MasaPandemi Covid-19

Iswatiningsih, Daroe (2020) Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi Kecakapan Hidup bagi Peserta Didik di MasaPandemi Covid-19. In: New Normal, Kajian Multidisiplin. Psychology Forum bekerjasama dengan AMCA, Malang, pp. 411-425. ISBN 978-623-94285-2-5

[thumbnail of Iswatiningsih - Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi.pdf]
Preview
Text
Iswatiningsih - Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi.pdf

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Iswatiningsih - Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi.pdf]
Preview
Text
Similarity - Iswatiningsih - Pembelajaran Bahasa Indonesia Berorientasi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kondisi saat ini masih ditengarai sebagai suatu keadaan yang
terdampak akibat virus Corona 19 yang dikenal dengan pandemi Covid
19. Keadaan ini sangat berpengaruh pada semua lini kehidupan, mulai
dari kesehatan pada khususnya, ekonomi, sosial, pendidikan, seni dan
budaya serta bidang lain [1]-[3]. Terkait dengan dampak Covid 19 pada
bidang pendidikan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan yang
tertuang dalam Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang
Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disease
(Covid-19)[4]. Ada enam aspek yang menjadi pertimbangan dalam
penyelenggaraan pendidikan dalam surat edaran tersebut, satu di
antaranya adalah proses belajar dari rumah (BDR). Belajar dari rumah
merupakan upaya mengantisipasi penyebaran virus serta ternjangkitnya
peserta didik yang memang rentan terhadap kondisi ini.
Penyelenggaraan pembelajaran dalam masa Covid 19 ini,
pemerintah memberikan dispensasi atau pengecualian dalam hal proses,
capaian, dan evaluasi yang lebih sederhana dari sisi guru dan peserta
didik serta lebih bermanfaat bagi siswa. Ada empat hal yang menjadi
penekanan selama belajar di rumah, yakni (1) bahwa selama belajar dari
rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh, diharapkan
pembelajaran memberikan pengalaman bermakna bagi siswa, (2)
pembelajaran hendaknya difokuskan pendidikan kecakapan hidup di
antaranya mengenai pandemi Covid 19, (3) penugasan yang diberikan
kepada siswa dapat bervariasi antarsiswa dengan menyesiaikan minat
dan kondisi siswa, dan (4) produk penugasan yang diberikan guru pada
siswa selama belajar dari rumah dapat berupa umpan balik yang bersifat
kualitatif dan berguna.

Item Type: Book Section / Proceedings
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:10
Last Modified: 06 Jun 2024 03:10
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6550

Actions (login required)

View Item
View Item