Analisis Bauran Pemasaran Buah Stroberi Di “Lumbung Stroberi” Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu

Pamuji, Restu and Baroh, Istis and mufriantie, fithri (2023) Analisis Bauran Pemasaran Buah Stroberi Di “Lumbung Stroberi” Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9 (1). 335 -352. ISSN 24604321 ; 25798340

[thumbnail of Pamuji Baroh Mufriantie-Bauran Pemasaran Buah Stroberi Lumbung Stroberi.pdf]
Preview
Text
Pamuji Baroh Mufriantie-Bauran Pemasaran Buah Stroberi Lumbung Stroberi.pdf

Download (996kB) | Preview
[thumbnail of Similarity-Pamuji Baroh Mufriantie-Bauran Pemasaran Buah Stroberi Lumbung Stroberi.pdf]
Preview
Text
Similarity-Pamuji Baroh Mufriantie-Bauran Pemasaran Buah Stroberi Lumbung Stroberi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Buah stroberi merupakan salah satu produk buah subtropis yang memiliki potensi besar untuk
dikembangkan di Indonesia. Permasalahan dalam usaha ini yaitu belum ada lembaga yang
menampung dan memasarkan buah stroberi sehingga jaringan pemasaran masih antar kota dan
sebagian kecil dikirim ke Kota Surabaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: menganalisis
permasalahan pemasaran buah stroberi dan bauran pemasaran buah stroberi di Lumbung Stroberi
Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada bulan April-Mei 2022 dengan
pertimbangan lokasi tersebut merupakan sentra budidaya stroberi dan mayoritas masyarakat
menjadi petani stroberi. Permasalahan pemasaran dan bauran pemasaran dianalisis dengan metode
deskriptif kualitatif. Metode penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa permasalahan pemasaran buah stroberi belum ada lembaga yang
menampung dan memasarkan buah stroberi sehingga jaringan pemasaran pada Lumbung masih
antar kota dan sebagian kecil dikirim ke Kota Surabaya. Kelemahan produk buah stroberi juga
tidak tahan lama, cepat busuk, buahnya lunak sehingga diperlukan penanganan khusus dengan
mempercepat dalam proses pengiriman. Lumbung Stroberi telah menerapkan strategi marketing
mix yang menggunakan variabel 7P yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, kemasan, dan
proses.

Item Type: Article
Keywords: Bauran Pemasaran Buah Stroberi Lumbung Stroberi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Science > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: istis Ir, Hj. Istis Baroh,MP.
Date Deposited: 24 May 2024 07:16
Last Modified: 24 May 2024 07:16
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6500

Actions (login required)

View Item
View Item