Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee di Youtube Tayangan Desember 2021-Januari 2022

Izaty, Firlana and Iswatiningsih, Daroe and Sudjalil, Sudjalil (2022) Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee di Youtube Tayangan Desember 2021-Januari 2022. DINAMIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya, 5 (2). pp. 108-118. ISSN 2715-8381

[thumbnail of Izati Iswatiningsih Sudjalil - Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee.pdf]
Preview
Text
Izati Iswatiningsih Sudjalil - Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Izati Iswatiningsih Sudjalil - Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee.pdf]
Preview
Text
Similarity - Izati Iswatiningsih Sudjalil - Tuturan Ilokusi pada Iklan Shopee.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Artikel ini akan mendeskrispikan bentuk dan fungsi tuturan ilokusi pada iklan Shopee di YouTube. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif dan menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber
data dalam penelitian ini yaitu video iklan Shopee yang didapat dari akun YouTube Shopee. Data dikumpulkan
dengan teknik dokumentasi dan simak catat bebas, kemudian data pada penelitian dianalisis direduksi,disajikan
data, dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tuturan iklan Shopee di YouTube didominasi oleh
tuturan fungsi asertif. Selain tuturan tersebut bentuk tuturan lainnya yaitu bentuk direktif, komisif, dan ekspresif.
Fungsi tuturan pada iklan Shopee menunjukkan beberapa maksud tertentu yaitu fungsi menginformasikan,
mengklaim, melaporkan, menyarankan, meminta, mengajak, menasihati, menjanjikan, menawarkan, dan berterima
kasih.

Item Type: Article
Keywords: ilokusi; iklan; dan pragmatik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si
Date Deposited: 20 May 2024 02:09
Last Modified: 20 May 2024 02:09
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6419

Actions (login required)

View Item
View Item