Krisma Melati, Inka and Iswatiningsih, Daroe and Budi Wurianto, Arif (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN BIPA DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF-KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL. BASASTRA, 11 (2). pp. 163-173. ISSN 2579-793X
Melati Iswatiningsih Wurianto - Strategi Pembelajaran Bipa Dengan Pendekatan Komunikatif.pdf
Download (221kB) | Preview
Similarity - Melati Iswatiningsih Wurianto - Strategi Pembelajaran Bipa Dengan Pendekatan Komunikatif.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk [1] mendeskripsikan pendekatan komunikatif-kontekstual
untuk pembelajaran BIPA, [2] menjelaskan kearifan lokal sebagai sumber bahan pembelajaran
BIPA, dan [3] menjelaskan implementasi pendekatan komunikatif-kontekstual berbasis kearifan
lokal dalam pembelajaran BIPA. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Sumber data
penelitian ini berupa buku dan artikel jurnal. Pengumpulan data penelitian dengan cara
mengumpulkan sumber data, memperdalam pengetahuan tentang topik permasalahan dan bidang
strategi pembelajaran BIPA, pendekatan komunikatif-kontekstual, dan kearifan lokal. Analisis
data menggunakan analisis komparasi. Validasi keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa pendekatan komunikatif-kontekstual dapat
diterapkan dalam pembelajaran BIPA. Pengaplikasian pendekatan komunikatif-kontekstual
dapat menambah bendahara kosa kata yang dimiliki oleh pemelajar BIPA. Selain itu, pengenalan
kearifan lokal kepada pemelajar asing juga mendapatkan poin tersendiri yang mampu
membangun suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan pemelajar BIPA juga mendapatkan
wawasan dan ilmu yang bermanfaat.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pendekatan Komunikatif – Kotekstual, BIPA, Budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201) |
Depositing User: | daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:09 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:09 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6417 |