Meningkatkan Produktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Digital

Iswatiningsih, Daroe and Krisma Melati, Inka (2023) Meningkatkan Produktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Digital. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7 (1). pp. 39-51. ISSN 2549-6271

[thumbnail of Iswatiningsih Melati - Meningkatkan Produktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa.pdf]
Preview
Text
Iswatiningsih Melati - Meningkatkan Produktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa.pdf

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Iswatiningsih Melati - Meningkatkan Produktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa.pdf]
Preview
Text
Similarity - Iswatiningsih Melati - Meningkatkan Produktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan semakin besar peranannya, terlebih setelah
pandemi Covid-19. Di Lingkungan pendidikan, guru, peserta didik, tenaga kependidikan dituntut
menguasai teknologi dalam mengefektifkan dan mengefisiensikan pembelajaran. Hal ini
berlanjut hingga sekarang pascapandemi Covid-19, tidak terkecuali orang tua sebagai
pendamping anak saat belajar di rumah. Pembelajaran yang sudah berlangsung luring
terkadang blended learning, memanfaatkan berbagai aplikasi teknologi agar membuat peserta
didik belajar dengan senang, interaktif, komunikatif dan berpikir kritis. Pembelajaran yang
mengembangkan kompetensi afektif, kognitif dan psikomotorik siswa serta
mengimplementasikannya pada kecakapan hidup dan kebermaknaan hidup siswa menjadi
perhatian utama. Program pemerintah Merdeka Belajar memberi ruang yang sangat luas bagi
guru dan siswa untuk berkreasi dalam menggali, menumbuhkan dan mengembangkan
kecakapan-kecakapan hidup siswa yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kecakapan hidup dalam pembelajaran bahasa Indonesia diorientasikan pada kemampuan
berkomunikasi secara lisan ataupun tulisan dengan baik. Untuk itu, substansi materi, strategi
dan metode serta luaran kompetensi penting dikuasai dan direncanakan dengan baik oleh guru.
Produktivitas pembelajaran bahasa Indonesia bermuara pada empat aspek, yakni menyimak,
berbicara, membaca dan menulis yang didukung dengan pemanfaatan teknologi, sebagaimana
era digital saat in

Item Type: Article
Keywords: produktivitas siswa, pembelajaran bahasa Indonesia, era teknologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si
Date Deposited: 17 May 2024 07:04
Last Modified: 17 May 2024 07:04
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6389

Actions (login required)

View Item
View Item