Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP

Iswatiningsih, Daroe and Fauzan, Fauzan and Dluhayati, Dluhayati and Karunia Lestari, Yanti Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SMP. DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 5 (1). pp. 141-156. ISSN 2549-5119

[thumbnail of Iswatiningsih Fauzan Dluhayati Lestari - Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring.pdf]
Preview
Text
Iswatiningsih Fauzan Dluhayati Lestari - Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring.pdf

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Iswatiningsih Fauzan Dluhayati Lestari - Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring.pdf]
Preview
Text
Similarity - Iswatiningsih Fauzan Dluhayati Lestari - Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kondisi pandemi Covid 19 yang masih belum reda menuntut pembelajaran berlangsung secara daring.
Sesuai dengan surat edaran Kemndikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan
dalam Masa Darurat Penyebaran Covid 19 lebih memfokuskan pada pendidikan kecakapan hidup.
Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia secara
daring yang membangun kecakapan hidup bagi peserta didik berupa keterampilan berbahasa pada
ranah kognitif dan psikomotorik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data berupa
pernyataan guru dan siswa dalam proses pembelajaran serta dokumen nilai. Teknik pengumpulan data
dengan observasi, wawancara dan angket serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
interaktif. Hasil penelitian dibedakan dari tiga temuan, yakni proses pembelajaran yang bersifat daring,
kendala pembelajaran, dan efektivitas pembelajaran yang didasarkan kriteria ketuntasan minimal
(KKM) yang diperoleh peserta didik pada ranah kognitif dan psikomotorik. Pembelajaran selama
pandemi covid 19 bersifat daring dan luring (blended learning). Ditemukan kendala dalam
pembelajaran, khususnya yang dialami peserta didik. Pembelajaran bahasa Indonesia melalui daring
dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada aspek kognitif dan psikomorik berjalan efektif. Hal
ini ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa baik di atas KKM

Item Type: Article
Keywords: Efektivitas pembelajaran, pembelajaran daring, keterampilan berbahasa, kompetensi kognitif, kompetensi psikomotorik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si
Date Deposited: 17 May 2024 07:04
Last Modified: 17 May 2024 07:04
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6386

Actions (login required)

View Item
View Item