Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah

Iswatiningsih, Daroe (2019) Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika (Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial), 3 (2). pp. 155-164. ISSN 2580-443x

[thumbnail of Iswatiningsih - Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai.pdf]
Preview
Text
Iswatiningsih - Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai.pdf

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Iswatiningsih - Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai.pdf]
Preview
Text
Similarity - Iswatiningsih - Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter sampai saat ini masih perlu ditanamkan pada siswa
dalam pembelajaran. Pendidikan karakter diharapkan mampu
menguatkan lima nilai utama karakter, yakni nilai religius, nasionalis,
mandiri, gotong royong, dan integritas. Dalam penguatan pendidikan
karakter di sekolah dapat dilakukan melalui pendidikan budaya
berkearifan lokal. Budaya kearifan lokal perlu dikenalkan dan diajarkan di
sekolah agar menumbuhkan sikap cinta budaya. Para siswa saat ini
kurang memiliki sikap peduli dan mencintai budaya. Untuk itu, paparan
berikut menjelaskan bagaimana mengimplementasikan pendidikan
karakter berbasis kearifan lokal.

Item Type: Article
Keywords: kearifan lokal, nilai, pendidikan karakter, penguatan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si
Date Deposited: 17 May 2024 07:04
Last Modified: 17 May 2024 07:04
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6384

Actions (login required)

View Item
View Item