Best Practice Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi di Masa Daring

Iswatiningsih, Daroe (2021) Best Practice Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi di Masa Daring. In: Menggagas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Kelimpahan. Unisma Press, Malang, pp. 903-402. ISBN 978-623-97788-7-3

[thumbnail of Iswatiningsih - Best Practice Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.pdf]
Preview
Text
Iswatiningsih - Best Practice Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.pdf

Download (19MB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Iswatiningsih - Best Practice Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.pdf]
Preview
Text
Similarity - Iswatiningsih - Best Practice Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di masa daring di Indonesia telah berlangsung
selama satu tahun lebih sejak dikeluarkan kebijakan pemerintah pada
16 Maret 2020. Semua pembelajaran mulai dari jenjang pendidikan
dasar, menengah dan tinggi dilaksanakan yang bersifat jarak jauh,
berlangsung dari rumah (BDR) atau daring (dalam jaringan), yakni
menggunakan internet dengan berbagai aplikasi berbasis teknologi.
Pada awal pelaksanaan pembelajaran daring, guru, peserta didik, dan
orang tua menggunakan aplikasi yang dinilai paling mudah, interaktif
dan komunikatif. Hal ini dimaksudkan agar proses pembelajaran
berjalan lancar, mudah dipahami dan tidak membebani peserta didik
dan guru. Pemenrintah pun mengeluarkan Surat Edaran No. 4 Tahun
2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Terdapat beberapa perimbangan dan solusi yang meringankan proses
pembelajaran selama masa covid 19 ini. Kondisi yang tidak terduga ini
sangat menyulitkan masayarakat dari berbagai bidang, termasuk
pendidikan. Proses pembelajaran yang bersifat jarak jauh dengan daring
ini dimaksudkan agar penyebaran virus Corona tidak semakin meluas,
apalagi mengingat peserta didik sangat rawan terpapar jika melakukan
interaksi di sekolah tanpa ada pengawasan dan kontrol yang ketat.
Berbagai fenomena tentang pembelajaran secara daring, jarak jauh
di masa pandemi ini sudah banyak ditulis, baik berdasarkan hasil
penelitian, maupun refleksi guru dan masyarakat. Banyak sisi yang telah
diungkapkan dalam berbagai tulisan tentang pembelajaran di masa

Item Type: Book Section / Proceedings
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: daroe Dra. Daroe Iswatiningsih, M.Si
Date Deposited: 17 May 2024 07:04
Last Modified: 17 May 2024 07:04
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6382

Actions (login required)

View Item
View Item