Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project Based Learning pada Materi Komposisi Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar

Cahyaningtyas, Aura and Arifin, Bustanol and Deviana, Tyas (2024) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project Based Learning pada Materi Komposisi Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4 (1). 608–-621. ISSN 2775-7269

[thumbnail of Cahyaningtyas Arifin Deviana - Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project.pdf]
Preview
Text
Cahyaningtyas Arifin Deviana - Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Cahyaningtyas Arifin Deviana - Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project.pdf]
Preview
Text
Similarity - Cahyaningtyas Arifin Deviana - Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik berbasis Project.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kegiatan peserta didik (LKPD)
berbasis project based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan
materi komposisi bangun datar mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan di kelas IV SDN
1 Janti kota Sidoarjo dengan sampel 10 peserta didik. Metode pengembangan yang digunakan
adalah model ADDIE. Subjek validasi penelitian yaitu ahli materi dan ahli LKPD. Data yang
dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kelas sampel dilaksanakan pretest dan posttest.
Berdasar analisis data diperoleh data sebagai berikut, (1) hasil review ahli materi kualifikasi baik
(70,0%), (2) Hasil review ahli LKPD kualifikasi baik (80,75%), (3) pada hasil respon di angket,
semua peserta didik menyetujui tampilan, kualitas motivasi dan kemudahan penggunaan pada
proses pembelajaran, dan (4) hasil belajar peserta didik kualifikasi tinggi (0,8). Jadi simpulan
dari penelitian ini yaitu lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis project based learning
berada pada kualifikasi baik dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar kelas IV SD, selain itu
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Keywords: LKPD; PjBL; Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item
View Item