Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Ajar dalam Menyiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Guru MI Muhammadiyah 02 Pendil Probolinggo

Zukhrufurrohmah, Zukhrufurrohmah and Rizky Utami Putri, Octavina and Deviana, Tyas (2024) Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Ajar dalam Menyiapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Guru MI Muhammadiyah 02 Pendil Probolinggo. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8 (1). 0808 -0818. ISSN 2614-526X

[thumbnail of Zukhrufurrohmah Putri Deviana - Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Ajar.pdf]
Preview
Text
Zukhrufurrohmah Putri Deviana - Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Ajar.pdf

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Zukhrufurrohmah Putri Deviana - Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Ajar.pdf]
Preview
Text
Similarity - Zukhrufurrohmah Putri Deviana - Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Ajar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka belum dikenal dengan baik dan menyeluruh oleh Sebagian besar sekolah di
Probolinggo, termasuk sekolah mitra MI Muhammadiyah 2 Pendil. Hal ini menjadi tantangan bagi
sekolah mitra untuk mendapatkan informasi menyeluruh untuk memahami kurikulum merdeka dan
mempersiapkan implementasi kurikulum merdeka, khususnya dalam Menyusun Modul Ajar. Oleh
karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada sekolah mitra dalam
pemahaman tentang Kurikulum Merdeka, best practice pelaksanaan kurikulum merdeka di sekolah,
dan pendampingan pengembangan Modul Ajar. Sejalan dengan tujuan tersebut, rangkaian kegiatan
disusun dalam 3 tahapan yaitu tahap persiapan, inti, dan evaluasi. Tahap persiapan dilaksanakan
koordinasi dengan sekolah mitra terkait jadwal pelaksanaan seminar dan pendampingan. Selanjutnya,
tahap inti dilakukan dengan kegiatan seminar materi tentang kurikulum merdeka secara luring dan
daring, kegiatan pendampingan pengembangan modul ajar selama 3 kali pertemuan secara daring.
Modul Ajar yang dikembangkan oleh bapak ibu guru sekolah mitra menjadi produk akhir untuk
dievaluasi dan menjadi salah satu ukuran ketercapaian kegiatan. Tahap evaluasi dilakukan pada
tahap pelatihan dan pendampingan melalui lembar observasi dan angket evaluasi pengembangan
modul ajar. Setelah rangkaian kegiatan pengabdian selesai dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
kegiatan pengabdian terlaksana dengan baik dan diikuti antusias oleh bapak ibu guru sekolah mitra.
Hasil pengembangan modul ajar menunjukkan bahwa tidak kurang dari 60% guru sekolah mitra
dapat mengembangkan Modul Ajar dengan komponen lengkap. Sedangkan Modul Ajar lainnya
masih perlu disempurnakan. Kesulitan guru sekolah mitra dalam mengembangkan Modul Ajar
berupa LKPD dan Instrumen penilaian juga sejalan dengan hasil penelitian dan pengabdian yang
telah ada, dimana guru harus memiliki kecermatan terhadap penentuan indiaktor penilaian dan
memahami dengan tepat model pembelajaran yang dipilih.

Item Type: Article
Keywords: pelatihan; pendampingan; modul ajar; implementasi kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6320

Actions (login required)

View Item
View Item