Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction Materi Unsur Lingkaran Kelas VI SD Muhammadiyah 9 Malang

Mubarok, Ikhtiromal and Mukhlishina, Innany and Deviana, Tyas (2023) Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction Materi Unsur Lingkaran Kelas VI SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (1). 153--169. ISSN 2579-9258

[thumbnail of Mubarok Mukhlishina Deviana - Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction.pdf]
Preview
Text
Mubarok Mukhlishina Deviana - Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction.pdf

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Mubarok Mukhlishina Deviana - Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction.pdf]
Preview
Text
Similarity - Mubarok Mukhlishina Deviana - Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat komunikasi yang memungkinkan guru dan siswa berinteraksi untuk
menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian jenis pengembangan dengan
menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan. Tahapan dalam penelitian ini meliputi analyze,
development, design, implementation, evaluation. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media
interaktif Cyrcle Arction yang layak digunakan dalam pembelajaran pada materi unsur lingkaran. Pada
pengumupalan data peneliti menggunakan empat Teknik yang meliputi observasi ke sekolah, wawancara
kepada guru, angket validasi dan respon pengguna, serta dokumentasi dokumen yang dibutuhkan. Selain itu
penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yang meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Dalam penelitian ini media interaktif Cyrcle Arction melalui tahapan validasi oleh dua ahli yakni ahli media
pembelajaran dan ahli materi. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa media interaktif Cyrcle
Arction sangat layak untuk digunakan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan oleh penilaian dari kedua
validasi media pembelajaran dan validasi materi pembelajaran dengan rata-rata presentase 80,5% yang berarti
media interaktif Cyrcle Arction sangat layak untuk diimplementasikan. Dengan rincian validasi media
pembelajaran 83% dan validasi materi pembelajaran 78%. Sehingga dapat dikatakan bahwa media interaktif
Cyrcle Arction sudah sangat layak untuk diimplementasikan di jenjang kelas VI sekolah dasar dan sebagai
penunjang guru dalam menyampaikan materi kepada siswa.

Item Type: Article
Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Media Interaktif, Unsur Lingkaran, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6312

Actions (login required)

View Item
View Item