Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka

Srirahmawati, Anjar and Deviana, Tyas and Kusuma Wardani, Septiana (2023) Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8 (1). pp. 5283-5294. ISSN 2548-6950

[thumbnail of Srirahmawati Deviana Wardani - Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa.pdf]
Preview
Text
Srirahmawati Deviana Wardani - Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa.pdf

Download (328kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Srirahmawati Deviana Wardani - Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa.pdf]
Preview
Text
Similarity - Srirahmawati Deviana Wardani - Peningkatan Keterampilan Abad 21 (6C) Siswa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan abad 21 (6C) yang terdiri dari berpikir kritis/critical thinking,
kerjasama/collaboration, komunikasi/communication, kreativitas/creativity,
budaya/culture, dan konektivitas/connectivity sangat dibutuhkan untuk menghadapi
era saat ini, namun keterampilan abad 21 (6C) yang dimiliki peserta didik masih
tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan abad
21 (6C) peserta didik kelas IV sekolah dasar di era Kurikulum Merdeka. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas IV A UPT Sekolah Dasar Negeri Srengat 01 yang
berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dalam
menganalisis metode analisis data. Metode yang digunakan untuk pengumpulan
data peningkatan keterampilan abad 21 (6C) adalah metode wawancara tertutup
(kuesioner) dan observasi/pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif kuantitatif menggunakan patokan acuan penilaian (PAP) skala
lima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran
Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan abad 21 (6C) peserta
didik dari yang awalnya (pra siklus) hanya 55,4% meningkat pada siklus I sebesar
17,35% menjadi 72,75%. Kemudian pada siklus II meningkat dari 72,75% menjadi
84,67%.

Item Type: Article
Keywords: Keterampilan Abad 21, Project Based Learning, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6307

Actions (login required)

View Item
View Item