Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhammadiyah 03 Assalaam

Dara Pramiswari, Elok and Istanti Suwandayani, Beti and Deviana, Tyas (2023) Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SD Muhammadiyah 03 Assalaam. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7 (2). pp. 212-224. ISSN 2549-1113

[thumbnail of Pramiswari Suwandayani Deviana - Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning.pdf]
Preview
Text
Pramiswari Suwandayani Deviana - Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Pramiswari Suwandayani Deviana - Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning.pdf]
Preview
Text
Similarity - Pramiswari Suwandayani Deviana - Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran abad ke-21 terdapat 4 keterampilan yang perlu
dikembangkan, yaitu berpikir kritis (critical thinking), kreativitas (creativity),
kolaborasi (collaboration), dan keterampilan berkomunikasi (communication skills)
yang disebut dengan 4C. Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu
keterampilan abad ke-21 yang penting untuk ditanamkan pada peserta didik sejak
masih duduk dibangku sekolah dasar kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning
terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik mata pelajaran matematika kelas
2 SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan wawancara semiterstruktur,
lembar observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas
2 SD Muhammadiyah 3 Assalaam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian
besar peserta didik kelas 2 memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan
pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran project
based learning. Mayoritas peserta didik menyatakan setuju atau sangat setuju
bahwa mereka merasa senang belajar mata pelajaran matematika dengan
menggunakan model project based learning dan lebih mengerti dengan materi
matematika yang bersifat abstrak dikarenakan salah satu faktor yaitu dapat
berdiskusi dengan teman dalam satu kelompok sehingga dapat disimpulkan
bahwa penerapan model project based learning meningkatkan keterampilan
kolaborasi peserta didik.

Item Type: Article
Keywords: Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6303

Actions (login required)

View Item
View Item