Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps” Untuk Mahasiswa dengan Hambatan Penglihatan dan Pendengaran

Kurnia Herviani, Vivi and Kuncahyono, Kuncahyono and Istanti Suwandayani, Beti and Restian, Arina and Deviana, Tyas and Arifin, Bustanol (2022) Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps” Untuk Mahasiswa dengan Hambatan Penglihatan dan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6 (1). pp. 42-48. ISSN 2698-2508

[thumbnail of Herviani Kuncahyono Suwandayani Restian Deviana Arifin - Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps.pdf]
Preview
Text
Herviani Kuncahyono Suwandayani Restian Deviana Arifin - Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps.pdf

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Herviani Kuncahyono Suwandayani Restian Deviana Arifin - Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps.pdf]
Preview
Text
Similarity - Herviani Kuncahyono Suwandayani Restian Deviana Arifin - Pengembangan Teknologi Asistif “Dif-Able Apps.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melakukan pelayanan dan pendampingan dari relawan kepada
mahasiswa berkebutuhan khusus dibutuhkan suatu teknologi bantu atau
asistif. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan teknologi
bantu atau asistif untuk mahasiswa kebutuhan hambatan pendengaran
dan penglihatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan
pengembangan menggunakan model Lee dan Owens. Hasil
pengembangan aplikasi dilakukan validasi oleh ahli materi menunjukan
87,72 % dan validasi ahli media menunjukan 93, selanjutnya diadakan uji
public kelompok kecil kepada 5 mahasiswa berkebutuhan khusus dan 5
relawan/fasilitator. Berdasarkan hasil respon pengguna menunjukkan
bahwa media dapat digunakan dengan kemudahan 80%. Media yang
dikembangkan ini sesuai dengan tujuan dengan prosentase 92,5%. Media
ini juga memberikan kebermanfaatan dalam membantu proses akademik
mahasiswa berkebutuhan khusus dengan prosentase 95%. Desain media
yang dikembangkan sangat menarik, dan disertai petunjuk yang jelas.
Aplikasi di dalam media sangat mudah dipahami oleh mahasiswa
berkebutuhan khusus dengan prosentase sebesar 92,5%.

Item Type: Article
Keywords: Dif-Able Apps; Teknologi Asistif; Mahasiswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: tyasdefiana Tyas Defiana
Date Deposited: 16 May 2024 04:54
Last Modified: 16 May 2024 04:54
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item
View Item