Hastowohadi, Hastowohadi and Setyaningrum, Rina Wahyu and Pangesti, Fida (2020) Pembelajaran Jarak Jauh Darurat COVID-19: Cerita Mahasiswa Internasional di Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Journal of International Students, 10 (S3). pp. 180-197. ISSN 2162-3104
Hastowohadi Setyaningrum Pangesti-bahasa Indonesia bagi penutur asing BIPA pandemi COVID-19 pembelajaran jarak jauh darurat mahasiswa internasional.pdf
Download (478kB) | Preview
Similarity-Hastowohadi Setyaningrum Pangesti-bahasa Indonesia bagi penutur asing BIPA pandemi COVID-19 pembelajaran jarak jauh darurat mahasiswa internasional.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menjelaskan narasi pengalaman pembelajaran jarak jauh (PJJ) mahasiswa bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) pada masa darurat pandemi COVID-19. Lima mahasiswa BIPA yang berasal dari negara Thailand, Vietnam, Yaman, Sierra Leone dan Jepang direkrut untuk penelitian naratif ini. Data digali melalui wawancara mendalam dan kemudian dianalisis dengan parameter evaluasi bahasa dan geografi emosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PJJ dalam jaringan (daring) darurat COVID-19 memengaruhi kondisi emosional mahasiswa, dengan munculnya perasaan sedih, kecewa, cemas dan pasrah, yang bertentangan dengan ekspektasi belajar mereka. Dengan demikian, bukti empiris ini menyarankan suatu perubahan dalam pengelolaan pembelajaran daring dengan mengintegrasikan konsep desain pembelajaran yang bagus dan tertata untuk mendukung pembelajaran mandiri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201) |
Depositing User: | fidapangesti Fida Pangesti, S.Pd., M.A. |
Date Deposited: | 04 May 2024 01:37 |
Last Modified: | 04 May 2024 01:37 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6126 |