PENGEMBANGAN MEDIA RODA BACA PADA PENGENALAN HURUF VOCAL DAN HURUF KONSONAN UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Ihsanurrijal, Anif (2024) PENGEMBANGAN MEDIA RODA BACA PADA PENGENALAN HURUF VOCAL DAN HURUF KONSONAN UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (855kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

mengetahui tentang cara membaca suku kata dan juga merangkai suku kata menjadi sebuah kata, serta belum terdapat media Pembelajaran yang bisa menunjang materi membaca suku kata. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan Media Roda Baca untuk menunjang materi Pembelajaran dan membuat Pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses dan juga respon siswa dalam mengembangkan Media Roda Baca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Huruf Vokal dan Huruf Konsonan kelas I Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dan menggunakan metode ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Hasil dari pengembangan Media Roda Baca dalam materi Bahasa Indonesia belajar membaca suku kata berdasarkan presentase penilaian yang ditentukan oleh ahli media mendapatkan presentase 90%, sedangkan validasi ahli materi mendapatkan presentase 84% dengan keterangan “Sangat Layak”. Sedangkan respon dari guru terhadap Media Roda Baca mendapatkan presentase 95% dan respon dari siswa mendapatkan presentase 100%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Media Roda Baca layak digunakan serta respon siswa terhadap media juga sangat baik. Media Roda Baca dapat digunakan sebagai alat penunjang penyampaian materi pembelajaran, namun masih memiliki kekurangan sehingga perlu diberikan inovasi dan juga perbaikan dari peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910430311097
Keywords: Media Pembelajaran, Roda Baca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: 201910430311097 anip21ihsanurrijal
Date Deposited: 02 May 2024 06:58
Last Modified: 02 May 2024 06:58
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/6092

Actions (login required)

View Item
View Item