Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar

Deviana, Tyas and Sulistyani, Nawang (2021) Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Matematika HOTS Beroerintasi Kearifan Lokal Daerah di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9 (2). pp. 158-172. ISSN P-ISSN: 2338-1140 E-ISSN: 2527-3043

[thumbnail of Deviana Sulistyani - E-modul Matematika Sekolah Dasar.pdf]
Preview
Text
Deviana Sulistyani - E-modul Matematika Sekolah Dasar.pdf

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Deviana Sulistyani - E-modul Matematika Sekolah Dasar.pdf]
Preview
Text
Similarity - Deviana Sulistyani - E-modul Matematika Sekolah Dasar.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 berimplikasi pada pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar. Salah satu materi dengan ketuntasan belajar rendah yaitu pada muatan pembelajaran matematika materi bangun datar. Peserta didik memerlukan bahan ajar penunjang yang dapat memfasilitasi untuk belajar secara mandiri. Salah satu bahan ajar yang sesuai untuk permasalahan yang dialami tersebut yaitu E-modul matematika. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis kebutuhan untuk pengembangan E-Modul Matematika materi bangun datar di kelas IV SD yang berorientasi HOTS dan kearifan lokal daerah Malang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 24 peserta didik dan guru kelas IV SDN Tumpang 6. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi serta dilaksakan sesuai dengan prosedur penelitaian yang telah disusun peneliti. Hasil penelitian yang diawali dengan studi pendahuluan (studi pustaka dan studi lapangan), analisis kurikulum, analisis pembelajaran, analisis peserta didik, dan analisis lingkungan sekitar peserta didik menunjukkan perlu adanya pengembangan E-modul matematika yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara mandiri dengan didekatkan berbagai permasalahan di lingkungan sekitar

Item Type: Article
Keywords: E-modul, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: mufidah91 Ulfatul Mufidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:47
Last Modified: 30 Apr 2024 01:47
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item
View Item