ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM

Prayudho, Pangestu TItan (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DENGAN PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU GOOGLE CLASSROOM. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1.pdf]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2.pdf]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab 3.pdf]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah dirancang agar dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kreatif siswa dengan memberi mereka lebih banyak kesempatan untuk
mengeksplorasi masalah dengan berbagai solusi. Karena sejatinya berpikir kreatif
sangatlah diperlukan sebagai dasar dalam menanggapi masalah yang dihadapi guna
mencari solusi yang tepat. Berdasarkan penerapan model belajar Problem Based
Learning berbantu google classroom di MTs Pembangunan UIN Jakarta pada materi
bangun ruang, didapatkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis 22
siswa MTs Pembangunan UIN Jakarta setelah proses pembelajaran dengan model
Problem Based Learning (PBL) didapatkan presentase sebesar 40,91% yaitu sekitar
9 siswa pada kategori kreatif, hal ini menunjukkan hampir separuh objek penelitian
berada pada kategori kreatif, sedangkan untuk tingkat kemampuan berpikir kreatif
pada kategori cukup kreatif mencapai 50% yaitu sekitar 11 orang siswa, sedangkan
9,09% yaitu sekitar 2 siswa berada pada kategori kurang kreatif. Untuk kemampuan
berpikir kreatif matematis jika dilihat dari masing-masing aspek dapat dikatakan
sudah terbilang cukup bagus dimana di peroleh prosentase pada aspek kelancaran
ini mencapai 60,23%, aspek keluwesan/fleksibilitas sebesar 64,77%, aspek
orisinalitas sebesar 69,32%, dan pada aspek elaborasi sebesar 57,95%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201710060311154
Keywords: PBL, berpikir kreatif, google classroom
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: 201710060311154 pangestutitan
Date Deposited: 27 Apr 2024 04:46
Last Modified: 27 Apr 2024 04:46
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item
View Item