Kusumaningtyas, Dian Ika and Kumalasani, Maharani Putri (2021) PROBLEMATIKA MAHASISWA DALAM MENYUSUN LKS BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4 (1). pp. 24-30. ISSN 2615-1766
Kusumaningtyas Kumalasani - Problematika, LKS, Multiple Intelligences.pdf
Download (332kB) | Preview
Similarity - Kusumaningtyas Kumalasani - Problematika, LKS, Multiple Intelligences.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui terkait sejauh mana pemahaman mahasiswa
dalam menyusun LKS, problematika yang dialami mahasiswa dalam menyusun LKS yang berbasis
Multiple Intelligences beserta penyebabnya. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan
penelitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yaitu dengan melakukan reduksi
data, penyimpulan data lalu penyajian data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu mahasiswa
secara umum sudah cukup memahami cara menyusun LKS. Akan tetapi terdapat problematika
mahasiswa dalam menyusun LKS yang berbasis Multiple Intelligences yaitu beberapa mahasiswa kurang
paham dalam memadukan KD dan mengembangkan indikator dalam payung tema dan subtema. Selain
itu kurang memahami terkait komponen LKS yang baik dan benar, kesulitan dalam menyusun LKS yang
tujuan pembelajarannya kreatif dan inovatif salah satunya yang berbasis Multiple Intelligences. Hal ini
disebabkan karena mahasiswa kurang kreatif dalam mengembangkan indikator dalam berbagai kegiatan
yang kemudian dituangkan dalam tujuan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Problematika, LKS, Multiple Intelligences |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | maharani Maharani Putri Kumalasani |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 09:31 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 09:31 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5633 |