Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Berbasis Komunikasi Pembangunan Digital (Studi pada Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Kota Banjarbaru)

Amiruddin, Muhammad Fahmi (2024) Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) Berbasis Komunikasi Pembangunan Digital (Studi pada Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Kota Banjarbaru). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Industri kecil di kota Banjarbaru faktanya masih terdapat keterbatasan pada masyarakat yang menghambat pengembangan, Dalam perencanaan pengembangannya, ada kesenjangan dalam menyampaikan ide dan program pembangunan agar masyarakat memahami latar belakang, tujuan, dan tindakan yang mereka perlukan sesuai dengan perencanaan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan industri kecil menengah (IKM) berbasis komunikasi pembangunan digital yang dilakukan oleh BSPJI Kota Banjarbaru.Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, paradigma konstruktivis, deskriptif analitis, Dasar penelitian studi kasus, Penelitian ini dikerjakan 1 bulan pada bulan April – Mei 2022, Tempat penelitian di kantor BSPJI Banjarbaru Utara, Kalimantan Selatan, menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan model purposive sampling, Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, teknik analisis data model interaktif oleh Miles, Huberman, dan SaldanaPada fase pengetahuan, penyebaran informasi telah mencapai tingkat yang memadai di wilayah Kota Banjarbaru dan berhasil menggunakan media massa dan online secara optimal Pada fase persuasi, pengelola IKM yang sudah pernah mengikuti program layanan pengembangan digital sebelumnya yang dimana terdapat berbagai macam inovasi terhadap calon pengadopsi Dalam fase pengambilan keputusan, responden mempertimbangkan manfaat yang relatif, kompleksitas, dan kesesuaian dalam menerima inovasi. Kemudahan dan fleksibilitas inovasi Pada tahap konfirmasi, mayoritas responden memutuskan untuk mengadopsi inovasi ini karena mereka memiliki tujuan dan kemauan berkembang. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengadopsi pengembangan IKM berbasis komunikasi pembangunan digital, proses difusi inovasi tidak dapat terjadi secara mendadak atau dipaksakan untuk mengikuti perubahan secara besar-besaran. Sebaliknya, diperlukan sebuah tahap transisi yang terencana dengan baik, yang didukung oleh peran pengembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Student ID: 201910040311155
Keywords: Pengembangan, Komunikasi Pembangunan,Industri Kecil Menengah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: 201910040311155 fahmiamiruddin29
Date Deposited: 03 May 2024 01:09
Last Modified: 03 May 2024 01:09
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item
View Item