Kuncahyono, Kuncahyono and Kumalasani, Maharani Putri (2020) DIGITAL SKILL GURU MELALUI e-MODUL SEBAGAI INOVASI BAHAN AJAR DI ERA DISRUPSI 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (1). pp. 95-108.
Kuncahyono Kumalasani - Digital skill Respon Guru e-Module dan Bahan Ajar.pdf
Download (496kB) | Preview
Similarity - Kuncahyono Kumalasani - Digital skill Respon Guru e-Module dan Bahan Ajar.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Selain memiliki dan mengembangkan empat kompetensi dasar (kepribadian, sosial,
pedagogik dan profesional), guru diharuskan untuk mengikuti literasi TIK dasar.
Pentingnya program untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan TIK untuk
kegiatan pembelajaran yang dianggap sangat strategis dalam upaya percepatan distribusi
pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk lebih
menggambarkan respons guru setelah berpartisipasi dalam pelatihan membuat modul
elektronik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan langkah�langkah berikut: melakukan wawancara, memberikan kuesioner, dokumentasi, catatan
lapangan, analisis data, reduksi data, dan kesimpulan akhir. Hasil keterampilan guru
menunjukkan bahwa guru berasumsi bahwa pelatihan e-modul dapat meningkatkan
kompetensi guru, e-modul adalah bahan ajar yang dikemas menarik yang menghasilkan
motivasi belajar siswa, pengetahuan dan wawasan guru yang lebih luas dan peningkatan
kompetensi terkait TI
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Digital skill, Respon Guru, e-Module, dan Bahan Ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | maharani Maharani Putri Kumalasani |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 09:23 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 09:23 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5461 |