Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19

Hernanda, Amalia and Kumalasani, Maharani Putri and Danawati, Murtyas Galuh (2021) Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5 (2). pp. 237-243. ISSN 2597-4440

[thumbnail of Hernanda Kumalasani Danawati - Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten  Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19.pdf]
Preview
Text
Hernanda Kumalasani Danawati - Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Hernanda Kumalasani Danawati - Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten  Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19.pdf]
Preview
Text
Similarity - Hernanda Kumalasani Danawati - Analisis Problematika Pembelajaran Online SDN 1 Kalirejo Kabupaten Malang Dalam Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 membuat seluruh sekolah di Indonesia melaksanakan kegiatan pembelajaran online, termasuk SDN 1 Kalirejo Kabupaten Malang. Pelaksanaan pembelajaran online tidak selalu berjalan lancar, melainkan diiringi oleh problematika yang muncul silih berganti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, diantaranya yaitu kepala sekolah dan guru kelas 1 sampai kelas 6. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini yaitu, problematika terjadi pada setiap kelas. Problematika pembelajaran online timbul dikarenakan pelaksanaan pembelajaran online masih menjadi hal baru bagi semua pihak yang berhubungan langsung
dengan pendidikan. Pembelajaran online dilaksanakan tanpa ada sosialisasi dan simulasi terlebih dahulu, melainkan secara langsung diterapkan di lapangan. Hal inilah yang menuntut kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran online. Pada proses adaptasi inilah mulai muncul problematika-problematika baru yang harus dihadapi oleh kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua. Problematika dihadapi oleh setiap guru kelas juga berbeda-beda.

Item Type: Article
Keywords: Analisis; Problematika pembelajaran online; Pandemi covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: maharani Maharani Putri Kumalasani
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:18
Last Modified: 22 Apr 2024 09:18
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5454

Actions (login required)

View Item
View Item