Manon Andini, Thathit and Prastiyowati, Santi (2021) Gender differences learning strategy at English Language Education Department Students University Of Muhammadiyah Malang. JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7 (2). pp. 217-226. ISSN P-ISSN : 24431591 E-ISSN : 24600873
Andini Prasetyowati - Gender differences learning strategy.pdf
Download (509kB) | Preview
Similarity - Andini Prasetyowati - Gender differences learning strategy.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Perbedaan gender dapat diasumsikan sebagai perbedaan individu yang umumnya ada dan
menarik perhatian dalam pembelajaran bahasa asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
strategi yang digunakan oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris dan perspektif siswa tentang
strategi pembelajaran berdasarkan jenis kelamin mereka. Data dikumpulkan melalui kuesioner
dan wawancara yang diberikan kepada mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Studi
ini menemukan bahwa siswa laki-laki dan perempuan berbeda dalam strategi pembelajaran, dan
siswa perempuan mendapat skor lebih tinggi dalam penggunaan strategi pembelajaran daripada
laki-laki. Strategi pembelajaran metakognitif dan sosial banyak digunakan oleh mahasiswi. Di
sisi lain, siswa laki-laki menilai strategi pembelajaran kompensasi, metakognitif dan kognitif
sebagai upaya mereka untuk belajar bahasa Inggris. Hasilnya juga menemukan bahwa
perempuan menggunakan semua strategi lebih sering daripada laki-laki terutama pada strategi
metakognitif. Selain itu, ada perbedaan dalam penggunaan strategi lain, tetapi temuannya tidak
signifikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Jenis Kelamin; Perbedaan Gender; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of English Language Education (88203) |
Depositing User: | thathit Thathit Manon Andini, Dra.,M.Hum. |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 06:22 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 06:22 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5073 |