Faridi, Faridi and Ariga, Selamat (2022) Kajian Tasawuf dalam Pendekatan Agama Islam (Studi Deskriptif Tasawuf Konvensional dan Tasawuf Modern serta Implementasinya di Sekolah). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 (2). ISSN 2614-3097
Similarity - Faridi Ariga - Karakter Siswa Pendidikan Agama Islam Tasawuf.pdf
Download (2MB) | Preview
Faridi Ariga - Karakter Siswa Pendidikan Agama Islam Tasawuf.pdf
Download (166kB) | Preview
Abstract
Tasawuf merupakan disiplin ilmu tentang upaya pembersihan jiwa manusia menuju karakter terpuji. Hal ini dikembangkan dalam bentuk integralistik antara intelektual, emosional dan spiritual. Pendidikan kajian tasawuf perlu diberikan di sekolah guna menyikapi fenomena tawuran antar pelajar, tindakan bullying, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian tasawuf sebagai upaya pendekatan pembelajaran agama Islam. Adapun fokus kajian berupa tasawuf konvensional dan tasawuf modern serta implementasinya di sekolah. Metode penelitian ini yaitu studi deskriptif analitis dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kajian tasawuf dalam pendekatan agama Islam menjadi salah satu bagian kecerdasan yang penting dimiliki oleh manusia melalui pendekatan sufistik sebagai langkah dalam melakukan pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam. Pendekatan sufistik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dapat dilakukan melalui riyadlah (latihan-latihan jiwa) secara bertahap dengan memperhatikan keadaan peserta didik. Proses riyadlah dapat dilakukan dengan cara melaksanakan beberapa materi dalam pembelajaran sufistik, yang mencakup tasawuf akhlaqi, tasawuf amali, dan tasawuf falsafi.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Karakter Siswa, Pendidikan Agama Islam, Tasawuf |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208) |
Depositing User: | evalina Risqi Evalina ST. |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:36 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:44 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5058 |