PENDIDIKAN HATI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER DI MTS A JAUHAROTUNNAQIYAH DALIRAN KOTA CILEGON – BANTEN

Arifin, Muhammad Tajul and Faridi, Faridi and yazid, syamsurizal (2023) PENDIDIKAN HATI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER DI MTS A JAUHAROTUNNAQIYAH DALIRAN KOTA CILEGON – BANTEN. Research and Development Journal Of Education, 9 (2). ISSN 2657-1056

[thumbnail of Arifin Faridi Yazid - Pendidikan Hati Karakter Siswa.pdf]
Preview
Text
Arifin Faridi Yazid - Pendidikan Hati Karakter Siswa.pdf

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Arifin Faridi Yazid - Pendidikan Hati Karakter Siswa.pdf]
Preview
Text
Similarity - Arifin Faridi Yazid - Pendidikan Hati Karakter Siswa.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan hati (tarbiyatul qolb) ialah upaya sadar dan sistematis yang
difokuskan untuk mengembangkan potensi-potensi hati, mengarah pada
pembentukan karakter siswa melalui proses secara berkesinambungan baik
oleh individu maupun orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk

mendekripsikan strategi dan pelaksanaan pendidikan hati di MTs Al-
Jauharotunnaqiyah Daliran. Adapun informan pada penelitian ini ialah

Kepala Sekolah, Wakabid Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan tiga siswa
dari masing-masing kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam,
dan dokumentasi. Data dianalisa dengan menggunakan teknik interkatif
Miles dan Huberman. Selanjutnya, dilakukan uji keabsahan data
menggunakan teknik Triangulasi sumber dan teori. Hasil dari penelitian ini
mengungkapkan bahwa MTs Al-Jauharotunnaqiyah Daliran melakukan
program pembentukan karakter berbasis pendidikan hati berlandaskan
pada nilai utama karakter prioritas penguatan pendidikan karakter siswa
Permendikbud: religius, nasionalis, integritas, gotong royong, dan mandiri.
Hal ini memberikan keyakinan kuat bagi sekolah bahwa keberhasilan
lembaga pendidikan Islam bermula pada karakter yang tertanam dalam diri
siswa serta dukungan dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan lembaga
pendidikan melalui proses yang bekesinambungan dikemas secara
integratif. Ada tiga tahap strategi pendidikan hati, yaitu: 1) Prakondisi,
pada tahap ini meliputi proses mengidentifikasi keadaan hati siswa. 2)
Forming atau proses pembentukan, tahapan ini mencakup pembiasaan
siswa melatih hati mereka merenungkan dampak negatif dari perilaku
buruk. 3) Pemeliharaan, dalam tahap ini lebih memfokuskan pada menjaga
agar hati tetap dalam keadaan baik. Dalam pelaksanaanya menggunakan
strategi kepemimpinan kepala sekolah, komunikasi persuasif, dan
peningkatan kinerja.

Item Type: Article
Keywords: Pendidikan Hati; Karakter; Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islam Religion Education (Tarbiyah) (86208)
Depositing User: evalina Risqi Evalina ST.
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:43
Last Modified: 10 Jul 2024 04:43
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/5053

Actions (login required)

View Item
View Item