IMPLEMENTASI METODE FEATURE-ORIENTED SOFTWARE DEVELOPMENT (FOSD) DALAM MENGEMBANGKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)

Rahim, Ahmad Salam and Maskur, Maskur and Wicaksono, Galih Wasis (2020) IMPLEMENTASI METODE FEATURE-ORIENTED SOFTWARE DEVELOPMENT (FOSD) DALAM MENGEMBANGKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS). Jurnal Repositor, 2 (12). pp. 1612-1622. ISSN 2716-1382

[thumbnail of Rahim Maskur Wicaksono - LMS Analisa SN Dikti FODA LMS Moodle.pdf]
Preview
Text
Rahim Maskur Wicaksono - LMS Analisa SN Dikti FODA LMS Moodle.pdf

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Rahim Maskur Wicaksono - LMS Analisa SN Dikti FODA LMS Moodle.pdf]
Preview
Text
Similarity - Rahim Maskur Wicaksono - LMS Analisa SN Dikti FODA LMS Moodle.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Learning management system (LMS) merupakan sebuah media yang dibuat khusus untuk mempermudah proses belajar mengajar, pertukaran informasi dan mengumpulkan tugas secara online berbasis web. Di Indonesia, khususnya perguruan tinggi memiliki standar nasional pendidikan tinggi (SN Dikti) yang dibuat oleh kementerian riset, teknologi dan pendidikan tinggi no.44 tahun 2015 untuk mengatur sistem pembelajaran. Maka dari itu, perlu adanya penelitian yang dapat menyesuaikan fitur LMS dengan SN Dikti tersebut. Salah satu LMS yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah moodle, yaitu platform LMS yang open source dan dapat dikembangkan sendiri. Penelitian ini memanfaatkan moodle untuk mencari fitur yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan kemudian disesuaikan dengan standar proses pembelajaran pada SN Dikti. Hasil seleksi fitur akan diimplementasikan kedalam sistem moodle menggunakan metode pengembangan sistem yaitu feature-oriented software development (FOSD), FOSD memiliki empat tahapan pengembangan yaitu analisis domain, dimana fitur akan diseleksi untuk mendapatkan fitur yang sesuai. Hasilnya didapatkan 12 fitur pada moodle dan akan diimplementasikan. Tahapan selanjutnya desain domain dan spesifikasi dengan membuat model fitur, use case dan activity diagram. Tahap implementasi menggunakan moodle versi 3.5+ agar menjadi LMS yang dapat dikonfigurasi. Setelah itu tahapan konfigurasi produk dan generasi yaitu tahap pengujian 12 fitur dengan menggunakan metode blackbox.

Item Type: Article
Keywords: Learning Management System (LMS); Analisa SN Dikti; Feature-Oriented Software Development; LMS Moodle.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: galih.w.w Gali Wasis Wicaksono,S.Kom
Date Deposited: 15 Mar 2024 01:52
Last Modified: 15 Mar 2024 01:52
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item
View Item