Pendampingan Penyusunan Hand Out Olimpiade Matematika di SDN Madyopuro IV Malang

Athma Putri Rosyadi, Alfiani and Hidayatul Khusna, Arif (2021) Pendampingan Penyusunan Hand Out Olimpiade Matematika di SDN Madyopuro IV Malang. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 5 (3). pp. 21-26. ISSN 2550-0821

[thumbnail of Rosyadi Khusna - Pendampingan Penyusunan Hand Out Olimpiade Matematika di SDN Madyopuro IV Malang.pdf]
Preview
Text
Rosyadi Khusna - Pendampingan Penyusunan Hand Out Olimpiade Matematika di SDN Madyopuro IV Malang.pdf

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Rosyadi Khusna - Pendampingan Penyusunan Hand Out Olimpiade Matematika di SDN Madyopuro IV Malang.pdf]
Preview
Text
Similarity - Rosyadi Khusna - Pendampingan Penyusunan Hand Out Olimpiade Matematika di SDN Madyopuro IV Malang.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Olimpiade Matematika adalah salah satu kegiatan rutin yang diikuti oleh jenjang sekolah khususnya sekolah
dasar. Salah satu sekolah dasar yang rutin mengikuti lomba olimpiade adalah SDN Madyopuro 4 Malang. Berdasarkan
hasil wawancara dengan guru diperoleh informasi bahwa di SDN Madyopuro 4, kegiatan bimbingan olimpiade masih
belum maksimal. Selain itu juga belum ada Hand Out yang disediakan khusus untuk kegiatan olimpiade. Hal ini yang
menjadikan tim pengabdian untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru di SD tersebut. Metode
pelaksanaan dari kegiatan ini terdiri dari lima tahapan kegiatan yaitu persiapan, sosialisasi, pendampingan, implementasi
dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk persiapan dilakukan dengan tim olimpiade berjalan dengan
lancar, selanjutnya sosialisasi dilaksanakan oleh tim bersama dengan guru sekolah dasar yang awalnya diagendakan
secara tatap muka tetapi diganti dengan secara daring karena pandemic covid-19. Secara keseluruhan kegiatan
pendampingan penyusunan hand out berjalan dengan baik dan lancar. Penggunaan Hand Out untuk siswa pada saat tatap
muka secara offline maupun online juga membantu keterlaksanaan kegiatan pendampingan olimpiade. Saran untuk
kegiatan berikutnya adalah mengkolaborasikan dengan strategi, model dan pendekatan pembelajaran yang sesuai sehingga
dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

Item Type: Article
Keywords: Olimpiade Matematika, Pelatihan, Pendampingan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: alfi_rosyadi Alfiani Athma Putri Rosyadi, S.Pd., M.Pd
Date Deposited: 14 Mar 2024 14:59
Last Modified: 14 Mar 2024 14:59
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item
View Item