Habibah, Aghitsatul and Restian, Arina and Galuh Danawati, Murtyas and Athma Putri Rosyadi, Alfani (2021) Pengembangan Bahan Ajar Komik Siswa di Kelas 3 pada Tema 2 di SDN Tlogi Blitar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6 (2). pp. 219-225. ISSN 2597-9051
Habibah Restian Danawati Rosyadi - Pengembangan Bahan Ajar Komik.pdf
Download (675kB) | Preview
Similarity - Habibah Restian Danawati Rosyadi - Pengembangan Bahan Ajar Komik.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar komik Sahabat untuk
siswa kelas 3 di SDN Tlogo 02 Blitar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE.
Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan,
Implementasi, dan Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data kualitatif
dan teknik analisis data kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan
kelayakan bahan ajar E-Comic siswa di kelas 3 pada tema 2 SDN Tlogo 02 Blitar. Pada analisis,
peneliti melakukan pengkajian teori dan materi, pada tahap desain peneliti menyusun komik Sahabat,
pada tahap pengembangan dan implementasi peneliti menerapkan hasil komik yang sudah disusun,
pada tahap evaluasi, peneliti melakukan refleksi dari hasil yang sudah diperoleh setelah penerapan
komik. Bahan ajar komik Sahabat untuk siswa kelas 3 SDN Tlogo 02 mendapatkan presentase nilai
validasi materi pembelajaran 81.8 layak sesuai revisi. Validasi bahan ajar 91.6% dengan kualifikasi
layak tanpa revisi, respon siswa pada komik Sahabat mendapatkan presentase sebesar 99.5% yang
menunjukkan bahwa komik Sahabat sangat layak.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Comic, Model ADDIE |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | alfi_rosyadi Alfiani Athma Putri Rosyadi, S.Pd., M.Pd |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 14:59 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 14:59 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4765 |