Athma Putri Rosyadi, Alfiani (2021) Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Matematika. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (1). pp. 1-13. ISSN 2597-9051
Rosyadi - Analisis Berfikir Kritis Mahasiswa.pdf
Download (457kB) | Preview
Similarity - Rosyadi - Analisis Berfikir Kritis Mahasiswa.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Berpikir kritis penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat
mengembangkan kemampuan untuk membuat keputusan dan menyelesaikan
masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis
mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan kontroversial. Proses berpikir kritis
dalam penelitian ini mengacu pada (a) Identify, (b) Define, (c) Enumerate, (d) Analyze,
(e) List dan (f) Self-Correct. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti, lembar kerja, hasil kerja
mahasiswa dan hasil wawancara. Penelitian ini melibatkan 40 mahasiswa calon guru
semester 6 ( 43% ) dan semester 8 (57%) di jurusan matematika di kota malang.
Analisis data dilakukan melalui : (1) Reduksi dari data tes dan hasil wawancara ,(2)
Analisis dari data hasil tes dan wawancara dan (3) menyajikannya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa proses berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah
kontroversial melalui lima tahapan yaitu: Identify, Define, Enumerate, Analyze dan List
serta Self-Correct. Hal ini menunjukkan terdapat penggabungan proses analyze dan
list pada subjek penelitian saat menyelesaikan permasalahan kontroversial.
Penguatan argumentasi muncul pada bagian enumerate, analisis dan list. Saran untuk
peneliti berikutnya adalah diperlukan studi tentang kemungkinan penggabungan
proses berpikir kritis. Selain itu kelemahan pada tahap analisis bisa menjadi referensi
untuk dapat menggunakan metode lain untuk meningkatkan berpikir kritisnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Masalah Matematika Kontroversial |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | alfi_rosyadi Alfiani Athma Putri Rosyadi, S.Pd., M.Pd |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 08:01 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 08:01 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4764 |