Eksplorasi Persepsi Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Matematika

Susiswo, Susiswo and Athma Putri Rosyadi, Alfiani and Rizky Putri Utami, Octavina and Sudirman, Sudirman and Mustofa Lestyanto, Latifah and Azizah, Azizah (2022) Eksplorasi Persepsi Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Kontroversial Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (4). pp. 2977-2984. ISSN 2442-5419

[thumbnail of Susiswo Rosyadi Utami Sudirman Lestyanto Azizah - Eksplorasi Persepsi Calon Guru.pdf]
Preview
Text
Susiswo Rosyadi Utami Sudirman Lestyanto Azizah - Eksplorasi Persepsi Calon Guru.pdf

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Susiswo Rosyadi Utami Sudirman Lestyanto Azizah - Eksplorasi Persepsi Calon Guru.pdf]
Preview
Text
Similarity - Susiswo Rosyadi Utami Sudirman Lestyanto Azizah - Eksplorasi Persepsi Calon Guru.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah kontroversial adalah masalah yang memunculkan perbedaan pendapat dan dapat memunculkan
argument dan persepsi yang beragam. Fakta menunjukkan bahwa sebagian besar calon guru masih belum
terbiasa menyelesaikan masalah kontroversial. Tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi persepsi calon
guru dalam menyelesaikan masalah kontroversial. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif
deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Instrumen tes dan wawancara digunakan untuk menggali
informasi. Hasil dianalisis secara kualitatif dengan mengacu pada aspek persepsi yakni penyerapan,
pemahaman, dan penilaian. Hasilnya adalah pada aspek penyerapan, calon guru menyampaikan respon
yang beragam, baik yang salah maupun benar. Aspek pemahaman terjadi pada saat mengkaitkan
pengetahuan yang sudah dimiliki dengan konsep pada permasalahan kontroversial. Aspek penilaian
muncul pada saat calon guru memberikan sudut pandang yang berbeda dari masalah yang diberikan.
Calon guru diharapkan sering menyelesaikan masalah yang bervariasi sehingga terbiasa menyelesaikan
masalah kontroversial.

Item Type: Article
Keywords: Masalah kontroversial; matematika; persepsi.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: alfi_rosyadi Alfiani Athma Putri Rosyadi, S.Pd., M.Pd
Date Deposited: 14 Mar 2024 14:57
Last Modified: 14 Mar 2024 14:57
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4760

Actions (login required)

View Item
View Item