Khotimah, Khusnul and Mahfud Effendi, Moh. and Athma Putri Rosyadi, Alfiani (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematik, 12 (3). pp. 2621-2628. ISSN 2442-5419
Khotimah Effendi Rosyadi - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery.pdf
Download (1MB) | Preview
Similarity - Khotimah Effendi Rosyadi - Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Discovery.pdf
Download (2MB) | Preview
Bukti corresponding author.pdf
Download (308kB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan dan keefektifan perangkat
pembelajaran berbasis Discovery Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis
siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang
mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian
dilakukan pada kelas VIII berjumlah 25 siswa di SMP Muhammadiyah 1 Malang. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu angket validasi, dokumen dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai kevalidan perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning yaitu 83,33%
dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis, diperoleh persentase
ketuntasan belajar sebesar 80% yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan
memiliki kualitas efektif. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning
valid dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas
VIII SMP.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis; Model Discovery Learning; Perangkat Pembelajaran. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202) |
Depositing User: | alfi_rosyadi Alfiani Athma Putri Rosyadi, S.Pd., M.Pd |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 08:01 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 08:01 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4759 |