Miftachul Hudha, Atok and Amin, Mohamad and Bambang S, Sutiman and Akbar, Akbar (2016) Telaah Model-Model Pembelajaran dan Sintaksnya sebagai Upaya Pengembangan Model Pembelajaran 'ODDE' Study of Instructional Models and Syntax as an Effort for Developing 'ODDE' Instructional Model. Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (2). pp. 109-124. ISSN 2442-3750
Hudha Amin Bambang Akbar - Telaah Model-Model Pembelajaran dan Sintaksnya.pdf
Download (706kB) | Preview
Similarity - Hudha Amin Bambang Akbar - Telaah Model-Model Pembelajaran dan Sintaksnya.pdf
Download (4MB) | Preview
Abstract
Abad 21 menuntut tersedianya sumberdaya manusia yang memiliki tujuh keterampilan atau kompetensi
(Maftuh, 2016), yaitu: 1) berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah, 2) kreatif dan inovatif, 3)
berperilaku etis, 4) luwes dan cepat beradaptasi, 5) kompetensi dalam ICT dan literasi, 6) kemampuan
interpersonal dan kolaboratif, 7) keterampilan sosial dan interaksi lintas budaya. Salah satu kompetensi
sumber daya manusia abad 21 yaitu berperilaku etis harus dibentuk dan dibangun melalui pembelajaran
yang memuat kajian etika, sebab perilaku etis tidak dapat diciptakan dan dimiliki begitu saja oleh
manusia, namun harus berproses melalui pemecahkan masalah khususnya pemecahan dilema etis atas
problema etis atau problematika etika.
Permasalahan mendasar agar kompetensi berperilaku etis dapat dicapai melalui pembelajaran adalah
belum ditemukannya model pembelajaran yang tepat oleh guru untuk mengimplementasikan
pembelajaran yang berhubungan dengan nilai-nilai etis sebagaimana diharapkan dalam pendidikan
karakter (Hudha, dkk, 2014a, 2014b, 2014c). Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang layak
(valid), praktis dan efektif agar pembelajaran etika untuk membentuk sumber daya manusia berperilaku
etis dapat terpenuhi.
Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan telaah (analisis) dan modifikasi terhadap langkah-langkah
pembelajaran (sintaks) model pembelajaran yang ada, sehingga diperoleh model pembelajaran hasil
pengembangan sintaks. Salah satu model pembelajaran yang layak, praktis dan efektif dimaksud adalah
model pembelajaran hasil analisis dan modifikasi sintaks model pembelajaran sosial, sintaks model
pembelajaran sistem-sistem perilaku (Joyce dan Weil, 1980, Joyce, at al, 2009)serta sintaks model
pembelajaran Tri Prakoro (Akbar, 2013). Adapun hasil modifikasi sintaks menghasilkan model
pembelajaran ‘OIDDE’, merupakan akronim dari orientation, identify, discussion, decision, and engage
in behavior.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Etika, Model Pembelajaran OIDDE, Model Pembelajaran Sistem-sisten Perilaku, Model Pembelajaran Sosial, Model Pembelajaran Triprakoro, Sintaks |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205) |
Depositing User: | atok Atok Miftahul Huda, Drs., M.Pd., H |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 05:52 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:52 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4725 |