Husamah, H. and Miftachul Hudha, Atok and Pantiwati, Yuni (2018) Pendampingan Guru SMPN 8 Kota Malang dalam Mengembangkan Perilaku Etis Siswa Model Pembelajaran OIDDE. International Journal of Community Service Learning, 2 (2). pp. 41-50. ISSN 2549-6417
Husamah Hudha Pantiwati - Pendampingan Guru SMPN 8 Kota Malang dalam Mengembangkan.pdf
Download (655kB) | Preview
Similarity - Husamah Hudha Pantiwati - Pendampingan Guru SMPN 8 Kota Malang dalam Mengembangkan.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
SMP Negeri 8 Malang memiliki permasalahan yang perlu
diselesaikan, yaitu terkait perilaku tidak etis yang cenderung
dimunculkan siswa. Empat tahun terakhir terdapat tren peningkatan
jumlah siswa yang melakukan tindakan tidak etis. Salah satu solusi
yang berpotensi mengatasi permasalahan tersebut adalah penerapan
pembelajaran OIDDE. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan
implementasi kegiatan pendampingan guru dalam mengembangkan
perilaku etis siswa berbasis pembelajaran OIDDE. Subjek pengabdian
ini adalah guru SMPN 8 Kota Malang, yang terdiri dari master teacher
berjumlah 10 orang dan guru lainnya berjumlah 46 orang. Kegiatan
dilaksanakan selama 8 bulan. Metode pelaksanaan kegiatan ini, yaitu
FGD, workshop, praktek langsung, diseminasi, dan evaluasi. Evaluasi
pengabdian dilakukan secara menyeluruh, baik proses maupun output,
khususnya terkait keseriusan/antusiasme mengikuti kegiatan maupun
pengetahuan dan keterampilan menerapkan pembelajaran OIDDE.
Hasil evaluasi proses menunjukkan pengabdian terlaksana dengan
baik, di mana rerata kehadiran peserta mencapai 85%. Sebanyak 90%
guru yang termasuk master teacher terampil mengimplementasikan
pembelajaran OIDDE di kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Karakter siswa, model OIDDE, perilaku etis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | atok Atok Miftahul Huda, Drs., M.Pd., H |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 05:52 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:52 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4704 |