Perilaku Konsumsi Budaya dan Konsumsi Media Kpop di Kalangan Remaja Perempuan Kota Malang

Kusumastuti, Frida and Soedarwo, Vina Salviana Darvina (2020) Perilaku Konsumsi Budaya dan Konsumsi Media Kpop di Kalangan Remaja Perempuan Kota Malang. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 3 (1). pp. 1-14. ISSN 2685-3957

[thumbnail of Kusumastuti DS - Budaya K-Pop Perilaku Konsumsi Budaya Perilaku Konsumsi Media.pdf]
Preview
Text
Kusumastuti DS - Budaya K-Pop Perilaku Konsumsi Budaya Perilaku Konsumsi Media.pdf

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Kusumastuti DS - Budaya K-Pop Perilaku Konsumsi Budaya Perilaku Konsumsi Media.pdf]
Preview
Text
Similarity - Kusumastuti DS - Budaya K-Pop Perilaku Konsumsi Budaya Perilaku Konsumsi Media.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gaya hidup (life style) remaja Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya Korea, baik dalam fashion dan musik, termasuk remaja di kota Malang. Beberapa fenomena menunjukkan bahwa kota Malang pun tidak luput dari arus budaya Korea. Perilaku fanatik remaja timbul sebagai akibat dari adanya proses interaksi dengan budaya populer Korea. Komunikasi budaya terjadi antara penggemar dengan budaya populer Korea menjadikan kelompok penggemar mengembangkan pola perilaku tertentu sebagai wujud kecintaan mereka terhadap budaya poluler K-Pop. Penelitian ini ingin mengungkap seperti apa gambaran perilaku konsumsi media dan perilaku konsumsi budaya Korea di kalangan remaja perempuan Kota Malang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian lapangan (field eserch) dan lebih ditekankan pada pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa media Kpop yang subjek konsumsi untuk mendapatkan referensi dan mengikuti kehidupan para bintang dan grup Kpop. . Ketertarikan akan K-Pop awalnya adalah ketertarikan pada gaya gerakan Anggota boyband dan girlband yang lebih dari empat orang membius rasa kebersamaan (kelompok) yang kuat. Hal ini membuat para subjek juga merasa nyaman jika mereka berkelompok dalam suatu wadah ―fans club‖. Bagi subjek, keberadaan fans club merupakan keluarga kedua yang memberikan rasa ‗at home’, diterima, dan diperhatikan. K-Pop adalah identitas para subjek dalam berbagi koleksi, berbagi pengalaman, berbagi ekspresi, dan berbagi hubungan sebagai sebuah keluarga.
Kata kunci: budaya K-Pop, perilaku konsumsi budaya, perilaku konsumsi media

Item Type: Article
Keywords: K-Pop Culture, consumption behavior, media consumption behavior
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: dianniswatus Dian Niswatus Saadah, S.Sos
Date Deposited: 29 Feb 2024 02:13
Last Modified: 29 Feb 2024 02:13
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item
View Item