Sari, Atika Permata (2023) PENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA NYARING: STUDI KASUS PADA SISWA DENGAN PERMASALAHAN KELANCARAN MEMBACA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6 (1). pp. 84-97. ISSN 2615-1766
Sari - membaca sambal mendengar, membaca ulang, umpan balik.pdf
Download (203kB) | Preview
Similarity - Sari - Membaca sambil mendengar membaca ulang umpan balik.pdf
Download (3MB) | Preview
Abstract
Kelancaran membaca merupakan keterampilan dasar akademik yang menjadi fondasi bagi capaian akademik siswa di sekolah. Kesulitan membaca yang tidak segera tertangani akan berdampak pada kemampuan siswa memahami materi pembelajaran. IHM adalah siswa kelas 3 SD yang teridentifikasi mengalami permasalahan kelancaran membaca. Hasil tes informal membaca menunjukkan bahwa kemampuan membaca IHM lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan siswa kelas 3 SD pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi dengan menggunakan kombinasi metode repeated reading, listening while reading, dan performance feedback. Intervensi yang dilakukan selama 13 sesi terbukti efektif dalam meningkatkan kelancara membaca huruf, vokal rangkap, diftong, dan kalimat.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | membaca sambal mendengar, membaca ulang, umpan balik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201) |
Depositing User: | icha Farisha Prasidya Putri, S.Psi |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 09:24 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 09:24 |
URI: | https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4229 |