PENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA NYARING: STUDI KASUS PADA SISWA DENGAN PERMASALAHAN KELANCARAN MEMBACA

Sari, Atika Permata (2023) PENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA NYARING: STUDI KASUS PADA SISWA DENGAN PERMASALAHAN KELANCARAN MEMBACA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6 (1). pp. 84-97. ISSN 2615-1766

[thumbnail of Sari - membaca sambal mendengar, membaca ulang, umpan balik.pdf]
Preview
Text
Sari - membaca sambal mendengar, membaca ulang, umpan balik.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Similarity - Sari - Membaca sambil mendengar membaca ulang umpan balik.pdf]
Preview
Text
Similarity - Sari - Membaca sambil mendengar membaca ulang umpan balik.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kelancaran membaca merupakan keterampilan dasar akademik yang menjadi fondasi bagi capaian akademik siswa di sekolah. Kesulitan membaca yang tidak segera tertangani akan berdampak pada kemampuan siswa memahami materi pembelajaran. IHM adalah siswa kelas 3 SD yang teridentifikasi mengalami permasalahan kelancaran membaca. Hasil tes informal membaca menunjukkan bahwa kemampuan membaca IHM lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan siswa kelas 3 SD pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi dengan menggunakan kombinasi metode repeated reading, listening while reading, dan performance feedback. Intervensi yang dilakukan selama 13 sesi terbukti efektif dalam meningkatkan kelancara membaca huruf, vokal rangkap, diftong, dan kalimat.

Item Type: Article
Keywords: membaca sambal mendengar, membaca ulang, umpan balik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: icha Farisha Prasidya Putri, S.Psi
Date Deposited: 21 Feb 2024 09:24
Last Modified: 21 Feb 2024 09:24
URI: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item
View Item